Bandung (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia akan memperjuangkan tambahan kuota haji pada musim haji tahun 2010 karena daftar tunggu calon haji semakin besar jumlahnya, kata Sekretaris Ditjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Abdul Gafur Djawahir di Bandung, akhir pekan ini.

"Menag akan memperjuangkan hal ini, karena memang tuntuannya demikian besar," katanya dalam sosialisasi program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II, di Bandung.

Ia memaparkan, untuk menentukan besaran kuota haji ke tanah suci memang menjadi wewenanang Organisasi Konferensi Islam (OKI), tapi ia yakin pemerintah Arab Saudi berhak menentukan hal itu.

Alasan ini didasarkan pada fakta bahwa perbaikan fasilitas pondokan dan infrasruktur lain di Mekkah semakin baik sehingga wajar jika ada penambahan kuota, jelasnya.

Pemerintah Indonesia sendiri tengah berupaya memproses calon haji yang sudah masuk daftar tunggu untuk dipercepat keberangkatannya, terutama yang berusia lanjut.

Depag, demikian Abdul Gaffar, akan memasukkan persoalan haji dalam agenda program 100 hari kabinet Indonesia Bersatu II. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009