Pangkep (ANTARA News) - Menteri Negara Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) Syarifuddin Hasan memuji upaya-upaya PT Semen Tonasa dalam membantu usaha-usaha kecil di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Pangkep.

"Saya atas nama pribadi dan kementerian KUKM berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada PT Tonasa yang telah peduli terhadap lingkungan, termasuk usaha kecil menengah," katanya di Palopo, Sabtu.

Dalam kunjungannya ke Sulsel, di PT Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, Syarifuddin mendengarkan pemaparan mengenai Semen Tonasa dan beliau berkenan memberikan arahan kepada para pengusaha kecil dan sejumlah pemimpin BUMN di daerah.

Syarifuddin mengatakan, dengan bantuan Tonasa, maka industri kecil di Sulsel bisa mendapatkan modal kerja dan pembinaan dengan lebih baik, tanpa harus melewati persyaratan-persyaratan yang rumit.

Menurut Direktur PT Semen Tonasa HM Sattar Tabba, ada sekitar 2.500 usaha kecil dan menengah yang dibina dan diberikan bantuan modal kerja melalui pinjaman lunak oleh Tonasa.

Pinjaman lunak bergulir itu diberikan dalam jumlah antara Rp20 juta hingga Rp40 juta per unit koperasi atau usaha kecil menengah.

Sementara Hj. Rahmasiah, pemilik salah satu usaha kecil binaan PT Semen Tonasa, mengaku bahwa ia yang bermodal awal Rp5 juta dan mendapatkan pinjaman tanpa agunan Rp20 juta dari perusahaan semen itu sekarang omzetnya per bulan Rp50 juta.

Rahmasiah juga sekarang mempekerjakan 35 karyawan yang memproduksi kain, pakaian, dan dari dari sutera. Hampir seluruh show room pakaian di Kota Makassar dipasoknya.

Dari usahanya, wanita yang tinggal di Sengkang, Kabupaten Wajo itu setiap bulannya mendapat keuntungan 20 persen, lebih sedikit dari tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 50 persen karena ketatnya persaingan saat ini.

Selain mendapatkan bantuan pinjaman lunak, dari Semen Tonasa, Rahmasiah juga mendapatkan bantuan peralatan celup kain dan pelatihan teknis produksi maupun manajemen usaha.

Kecuali usaha "Sutera Bahagia" milik Rahmasiah, beberapa di antara yang mendapatkan bantuan dan binaan dari Semen Tonasa adalah Koperasi Harapan asal Pangkajene, Pangkep, lalu industri logam "Pande Besi Mammindesae", dan industri pengolahan makanan kepiting rajungan. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009