Madrid (ANTARA News/Reuters) - Real Madrid menggantikan posisi Barcelona di puncak klasemen Liga Utama Spanyol (La Liga) pada Sabtu waktu Spanyol, setelah mereka mengalahkan Racing Santander 1-0 di kandang sendiri, sementara juara bertahan itu ditahan 1-1 oleh Athletic Bilbao.

Tim asuhan Manuel Pellegrini itu menuju pertandingan clasico Minggu depan di Nou Camp dengan 28 poin dari 11 pertandingan, satu poin di atas Barca, setelah Gonzalo Higuain menyarangkan satu-satunya gol di Bernabeu.

Daniel Alves membawa Barca memimpin beberapa saat setelah turun minum di San Mames tetapi tim Basque berjuang bangkit dengan pemain cadangan Gaizka Toquero melaju untuk menyamakan kedudukan setelah pertandingan satu jam lebih.

Real unggul dari Racing sejak awal dan duakali usaha mereka membentur mistar gawang sebelum Higuain menyarangkan bola dari jarak dekat pada menit ke-21.

Real tersingkir dari arena dalam pertandingan kandang terakhir mereka, setelah disingkirkan dari Piala Raja oleh tim divisi tiga Alcorcon, dan Bernabeu menjadi gelisah ketika tim mereka melanjutkan dominasi tetapi tanpa menambah skor.

Usaha melalui tendangan tumit Karim Benzema yang luar biasa dinyatakan batal karena offside setelah jeda pertandingan dan Racing, di bawah pimpinan pelatih baru Miguel Angel Portugal, hampir meraih satu poin ketika gol Sergio Canales dibatalkan juga karena offside.

"Pertandingannya tidak seketat yang ditunjukan skor. Pada hari lain, bermain lebih buruk, kami mungkin akan mencetak lebih banyak gol," kata Pellegrini.

Bilbao mengejar bayangan hampir sepanjang babak pertama tetapi menyulitkan Barca hingga Xavi menyarangkan bola.

Llorente

Pelatih tim tuan rumah Joaquin Caparros segera memasukkan penyerang lainnya dan terganjar ketika Fernando Llorente menjentikkan bola ke Toquero untuk dibawa ke tengah dan menyamakan kedudukan pada menit ke-62.

Bilbao, yang kalah 1-4 dari Barca pada final Piala Raja musim lalu, berusaha terus membuat tim tamu mereka tidak berkutik.

"Kami bermain sebaik seperti biasanya, menciptakan peluang, tetapi harus berjuang untuk mencetak gol. Saya harap layanan normal akan pulih mulai Minggu depan," kata Alves kepada stasiun televisi La Sexta.

Sebelumnya, Sevilla menang tandang dari tim yang mendapat promosi Tenerife 2-1 dengan gol-gol bagus pada setiap babak dari Diego Perotti dan Renato.

Tim Manolo Jimenez itu bertahan di tempat ketiga dengan 25 poin,

tiga poin di atas Deportivo Coruna, yang naik ke urutan keempat setelah penalti pada injury-time yang menjadi perdebatan sengit memberi mereka kemenangan 2-1 atas tim tamu Atletico Madrid.

Sergio Aguero mencetak gol awal bagi Atletico tetapi sesama pemain asal Argentina Diego Colotto menyamakan kedudukan bagi Depor dengan sundulan pada menit ke-20.

Pemain asal Meksiko Andres Guardado menyarangkan bol dari titik penalti pada akhir pertandingan setelah Pablo Ibanez dikenai hukuman karena membuat jatuh Alberto Lopo.

Atletico yang terseok-seok tetap berada di zona degradasi dengan tujuh poin, di bawah tim urutan 17 Racing berdasarkan selisih gol. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009