Jakarta, (ANTARA News) - Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, akan disambangi oleh berbagai kelompok yang menggelar aksi unjuk rasa antara lain terkait dengan hasil rekomendasi yang dikemukakan oleh Tim Delapan.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin pagi, unjuk rasa depan Istana akan digelar Koalisi Masyarakat Antikorupsi, sekitar pukul 09.00 WIB.

Koalisi Masyarakat Antikorupsi terdiri atas berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang rencananya akan menyerahkan dukungan berisi ribuan tanda tangan agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera melaksanakan hasil rekomendasi yang telah diserahkan oleh Tim Delapan.

Tim Delapan terdiri atas Ketua Adnan Buyung Nasution, kemudian Koesparmono Irsan, Komaruddin Hidayat, Hikmahanto Juwana, Anies Baswedan, Todung Mulya Lubis , Amir Syamsuddin serta Sekretaris Denny Indrayana .

Aksi kedua depan Istana Merdeka akan dilakukan oleh kelompok Indonesia Crisis Center yang dimulai pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Sedangkan unjuk rasa ketiga depan Istana diagendakan berlangsung pada pukul 11.00 WIB oleh Koalisi Masyarakat Sipil.

Selain tiga aksi depan Istana, kawasan lainnya yang akan menjadi lokasi beberapa unjuk rasa adalah Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Demo di Bundaran HI rencananya dilaksanakan oleh kelompok Rakyat Bergerak (pukul 10.00 WIB) dan Forum Masyarakat Laskar Merah Putih (pukul 14.00 WIB).

Aksi unjuk rasa dilancarkan oleh Serikat Mahasiswa dan Rakyat Banjar Antikorupsi di depan Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pukul 13.00 WIB.

Lokasi aksi demonstrasi lainnya akan dilakukan seperti di depan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara, Komisi Pengawas Persaingan Usaha, pukul 10.00 -11.00 WIB.

Para pendemo juga ada yang berencana untuk menggelar aksinya di depan Gedung MPR/DPR RI di Jalan Gatot Subroto, Jakpus, yang rencananya akan dimulai pada sekitar pukul 13.00 WIB.

Pengguna jalan raya diimbau untuk mengambil jalur alternatif agar tidak terjebak macet di lokasi unjuk rasa akibat aktivitas demo tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009