Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melakukan penanaman lima ratus ribu pohon, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan yang semakin rusak di daerah tersebut, kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Idris Rahim.

Penanaman tersebut serentak dilakukan di seluruh wilayah Gorontalo, bersama para aparatur pemerintahan, aktivis LSM, TNI, Polri dan pelajar, katanya di Gorontalo, Rabu pada peringatan hari tanam pohon Indonesia tahun 2009.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Idris Rahim mengatakan bahwa pihaknya akan merealisasikan pencanangan "One Man One Tree" (OMOT) yang berarti satu orang satu pohon.

"Kita akan terus menanam bibit pohon hingga jumlahnya di atas satu juta pohon, sesuai dengan jumlah penduduk Gorontalo," ungkapnya.

Menurut dia, Gorontalo sebelumnya telah gencar melakukan penanaman sejak Februari 2009 dan diprediksi bakal mencapai satu juta pohon hingga Desember 2009.

OMOT diharapkan akan mengurangi degradasi hutan dan lahan, serta dampak pemanasan global yang menjadi ancaman bagi seluruh Negara di dunia.

Indonesia sendiri, kata dia, telah melakukan aksi penanaman pohon serentak yang realisasinya telah mencapai 76 juta bibit pohon dari 79 juta yang ditargetkan.

Selain itu, gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon juga telah menyumbangkan penanaman pohon sebanyak 12 juta pohon dari target 10 juta pohon.

"Saya berharap semangat menanam ini bisa ditularkan kepada anak-anak, sebagai generasi bangsa yang berhak hidup dalam lingkungan yang sehat," ungkapnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009