Liga Italia

Kekalahan dari Bologna buat Lecce sulit keluar dari zona degradasi

Kekalahan dari Bologna buat Lecce sulit keluar dari zona degradasi

Dokumentasi - Dua pemain Bologna Roberto Soriano (kiri) dan Riccardo Orsolini (kanan) merayakan gol yang tercipta saat melawan Lecce dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Via del Mare, Lecce, Minggu (22/12/2019). (twitter.com/BolognaFC1909en)

Jakarta (ANTARA) - Lecce menelan kekalahan 2-3 dari tuan rumah Bologna pada pertandingan Liga Italia putaran ke-36 yang dimainkan di Stadio Renato Dell'Ara, Bologna, Minggu malam.

Hasil itu membuat Lecce kesulitan keluar dari zona degradasi. Mereka kini tertahan di posisi ke-18 dengan selisih empat poin dari Genoa saat kompetisi tinggal menyisakan dua putaran lagi, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Sedangkan bagi Bologna, kemenangan itu mendongkrak mereka naik satu strip untuk menghuni posisi ke-11 dengan 46 poin.

Bologna unggul dua gol pada fase awal laga melalui gol-gol yang dibukukan Rodrigo Palacio (2') dan Roberto Soriano (5'). Lecce mengejar ketertinggalan dan kemudian menyamakan kedudukan melalui gol-gol Marco Mancosu (45') dan Filippo Falco (66'), sebelum gol Mussa Barrow (90') mengamankan tiga poin bagi Rossoblu.

Baca juga: Bologna perpanjang kontrak pelatih Sinisa Mihajlovic

Permainan sudah berlangsung sengit sejak awal. Pada menit kedua, Andreas Olsen melepaskan sepakan yang masih dapat ditahan kiper Gabriel, dan Musa Barrow mengirimkan operan tumit untuk disambar Palacio menjadi gol pembukaan.

Saat Lecce masih terkejut, Bologna menggandakan keunggulan beberapa menit kemudian. Soriano melesak ke depan untuk mengejar bola operan Barrow, ia melihat celah dan melepaskan sepakan kaki kanan mengarah ke sudut jauh gawang tim tamu.

Barrow juga melepaskan sepakan melebar ke sudut atas gawang Lecce, dan Soriano menyundul bola lurus ke arah kiper. Lecce berusaha membalas, kali ini melalui sepakan Filippo Falco yang mengenai mistar gawang.

Baca juga: Dua gol Barrow bawa Bologna menang 3-2 atas Roma

Bologna terus mendominasi, dan Barrow melakukan pergerakan solo di mana sepakannya masih belum akurat. Mantan penyerang Atalanta itu juga sempat lolos dari perangkap offside untuk menguji Gabriel dalam situasi satu lawan satu.

Namun menjelang turun minum justru Lecce yang mampu memperkecil ketertinggalan. Palacio gagal menyapu bola tendangan sudut Lecce dengan sempurna, bola kemudian disambar dengan sepakan voli oleh Fabio Lucioni ke tanah untuk melambung dan mengarah ke Mancosu yang mendorongnya dengan dada untuk menjadi gol balasan.

Lecce lebih banyak mengambil inisiatif serangan pada babak kedua. Berulang kali mereka mengancam gawang tuan rumah melalui aksi individu maupun pergerakan pemain-pemain depannya.

Baca juga: Sassuolo gasak Lecce 4-2 untuk naik ke peringkat 9

Falco melepaskan sepakan akrobatik yang mengenai mistar gawang Lecce, kemudian disusul sepakan Mancosu yang mengarah lurus ke kiper Lukasz Skorupski

Kerja keras Lecce menuai hasil pada menit ke-66. Falco yang menerima umpan terobosan di sisi kanan, kemudian menggiring bola sebelum kemudian melepaskan tembakan menembus gawang tuan rumah.

Momentum permainan beralih ke kubu Lecce. Beberapa kali mereka memiliki peluang seperti dari sepakan Mancosu dari luar kotak penalti yang melebar, sepakan Falco yang mengarah lurus ke Skorupski, dan sepakan Falco yang hampir melewati garis gawang sebelum disapu pemain pengganti Ladislav Krejci.

Baca juga: Juve pesta empat gol tanpa balas ke gawang Lecce

Sedang asyik menyerang untuk mengemas gol kemenangan, justru Lecce kemasukan dari situasi serangan balik. Diawali sepakan Federico Santander yang dapat ditahan kiper Gabriel, bola kemudian dikuasai Orsolini yang menyodorkannya kepada Barrow untuk dikonversi menjadi gol.

Pada pertandingan putaran ke-37 yang akan dimainkan pada Rabu (29/7), Bologna akan bertandang ke markas Fiorentina sedangkan Lecce bertamu ke kandang Udinese.

Susunan pemain seturut laman resmi Italia:

Bologna (4-2-3-1): Lukasz Skorupski, Ibrahima Mbaye, Danilo, Stefano Denswil, Mitchell Dijks (Ladislav Krejci 57'), Gary Medel, Mattias Svanberg (Andrea Poli 57'), Andreas Olsen (Riccardo Orsolini 57'), Roberto Soriano (Federico Santander 79'), Musa Barrow, Rodrigo Palacio (Nicola Sansone 70')
Pelatih: Sinisa Mihajlovic

Lecce (4-3-2-1): Gabriel, Giulio Donati (Andrea Rispoli 60'), Fabio Lucioni, Nehuen Paz (Biagio Meccariello 79'), Cristian Dell'Orco, Antonin Barak, Panagiotis Tachtsidis (Jacopo Petriccione 60'), Marco Mancosu,Filipp Falco, Riccardo Saponara (Zan Majer 61'), Gianluca Lapadula
Pelatih: Fabio Liverani

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar