Madrid, (ANTARA News) - Zlatan Ibrahimovic menorehkan testamen "luar biasa" dengan bangkit dari bangku cadangannya untuk memberi kemenangan 1-0 bagi 10 pemain Barca atas Real Madrid pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga Utama Spanyol (La Liga), Minggu malam waktu setempat.

Tim tamu itu berhasil membuat frustrasi Barca sampai akhirnya muncul pemain pengganti Ibrahimovic yang berhasil mencetak gol pada menit ke-56 ketika bola tendangannya melewati Iker Casillas, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Beberapa saat setelah itu, pemain tengah Barca Sergio Busquets mendapat kartu kuning kedua sehingga meninggalkan lapangan dan rekannya tinggal 10 orang di lapangan selama sekitar 30 menit.

Namun Real tidak dapat mengambil keuntungan dari kurangnya pemain lawan, sehingga Barcelona mendapat angka penuh dengan 30 poin dari 12 pertandingan, dua angka di atas Real yang kembali melorot ke tangga kedua.

"Kami berjuang hari ini karena Real bermain amat bagus. Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, sehingga permainan amat ketat dan cepat," kata kapten tim Barca Carles Puyol kepada wartawan.

"Ibrahimovic merupakan salah satu pemain terbaik dunia dan walau pun ia tampil tidak 100 persen sehat tetapi ia mampu mencetak gol. Pemain lain belum dapat melakukan yang terbaik dalam pertandingan `klasik` itu," katanya.

Ada lima calon pemain terbaik "Ballon d`Or" 2009 yang tampil sejak awal, dengan favorit pada Lionel Messi, Xavi dan Andres Iniesta yang berada di Barca. Calon lain adalah Ibrahimovic, yang berada di bangku cadangan karena mengalami cedera paha.

Real, yang menginvestasikan 250 juta euro (373 juta dolar) kepada pemain yang baru dikonrak pada tutup musim lalu, menurunkan Kaka dan

Ronaldo, walau pun pemain sayap dari Portugal itu hanya bermain 20 menit sejak ia beristirahat dua bulan karena cedera pergelangan kaki.

Barca mendominasi permainan sejak awal tapi tim tamulah yang pertama berpeluang mencetak gol, ketika pada menit ke-19 Kaka membangun serangan dan mengirimkannya kepada Ronaldo. Tapi Victor Valdes mengamankan tendangan pemain handal itu.

Real tampil dengan rasa percaya diri lebih besar, bekerja keras menembus barisan tengah Barca dan beberapa kali maju ke dekat gawang lawan, tetapi tidak berhasil menyentuh jala gawang.

Puyol harus turun membendung serangan lawan dan memblok bola yang melayang dari Marcelo, tetapi pertahanan mereka tetap dalam situasi berbahaya.

Thierry Henry membuka jalan bagi Ibrahimovic pada awal babak kedua tetapi Real dengan mengejutkan melakukan serangan balik dipimpin Ronaldo dan Puyol kembali memadamkan bahaya yang menusuk ke daerah mereka.

Barca memecah kebuntuan itu ketika Daniel Alves mendapat bola dan meneruskannya kepada Ibrahimovic, yang dengan cepat memanfaatkan peluang itu menjebol gawang lawan.

Tim tamu nyaris berhasil membangun serangan namun wasit melihat tangan Busquets menyentuh bola sehingga "handball" itu membuatnya dikeluarkan dari lapangan.

Ronaldo menambah daya gempur dengan membangun serangan yang kemudian diteruskan kepada Karim Benzema saat Real melakukan tekanan berkesinambungan dalam usaha menyamakan kedudukan, tetapi usaha mereka gagal di tiang gawang.

Gerard Pique dan Eric Abidal mendekati gawang, dilanjutkan Alves yang memberi umpan kepada Messi, sehingga suasana mencekam di mulut gawang, tetapi Casillas dengan tangkas menjinakkan bola.

Real kehilangan pemain tengah Lassana Diarra yang mendapat kartu merah pada menit akhir permainan.

"Kami kehilangan banyak peluang emas, terlebih ketika Ronaldo gagal menembak pada babak pertama. Tapi kami tetap gagal pada kesempatan lainnya," kata Casillas kepada televisi Canal Plus.

"Saya rasa hasil itu tidak bagus. Seharusnya kami pantas mendapatkan hasil seri," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009