Los Angeles (ANTARA News) - Aktor AS Alec Baldwin mengatakan ia telah kehilangan keinginan untuk berakting dan memandang karir filmnya sebagai kegagalan.

"Saya tak lagi memiliki keinginan untuk berakting," kata Baldwin (51) kepada "Men`s Journal" dan dikutip Reuters Life.

Baldwin, yang terkenal karena perannya dalam komedi NBC "30 Rock" dan terpilih untuk menjadi salah satu pembawa acara Oscar 2010, menambahkan, "Film adalah bagian dari masa lalu saya. Itu telah berlangsung 30 tahun. Saya tidak muda lagi, saya memiliki waktu untuk mengerjakan sesuatu yang lain".

Baldwin memulai karir akting di televisi pada 1980-an dan telah berperan dalam sejumlah film, termasuk film klasik 1988 "Beetlejuice". Ia dicalonkan untuk meraih Academy Award buat perannya di dalam film produksi 2003 "The Cooler" dan membintangi film mendatang "It`s Complicated" bersama Meryl Streep dan tuan rumah bersamanya, Steve Martin.

Sebagaimana dikutip "Men`s Journal", Baldwin mengatakan "sungguh terlalu banyak" buat dia setelah "30 Rock", dalam dua tahun tahun atau lebih. Ia mengatakan kepada Majalah Playboy tahun ini bahwa ia "sudah selesai" dengan karirnya pada 2012 dan akan pensiun saat "30 Rock" berakhir.

"Saya menganggap seluruh karir film saya sebagai kegagalan total," kata Baldwin kepada majalah tersebut. "Tujuan pembuatan film ialah menjadi bintang di film tempat penampilan anda mengendalikan film itu, dan film tersebut berhasil sebagai kritik atau secara komersial, dan saya tak pernah mengalami itu."

Baldwin mengatakan film laga 1990 "The Hunt for Red October", yang mengantungi lebih dari 200 juta dolar AS di seluruh dunia, berhasil karena film itu dilandasi atas novel populer karya Tom Clancy.

"Dan sekarang, semua film yang saya bintangi, saya tak pernah memikirkannya. Saya menghindari, setiap film yang pernah saya bintangi," katanya.

Baldwin telah menyampaikan keinginan terjun ke dunia politik pada waktu lalu, tapi tak mengatakan dalam wawancara tersebut apa yang akan ia lakukan jika ia meninggalkan dunia peran.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009