London, (ANTARA News) - Lima warga Inggris ditahan di Iran setelah Angkatan Laut Iran menangkap kapal pesiar mereka, yang mungkin tersasar ke perairan Iran di Teluk dalam perjalanan dari Bahrain ke Dubai, Kementerian Luar Negeri di London mengatakan Senin.

Dalam insiden pada 25 November, sebuah kapal pesiar yang sedang berlomba milik Sail Bahrain dan diawaki oleh lima warga Inggris, dihentikan oleh sejumlah kapal Angkatan Laut Iran," kata Kementerian Luar Negeri itu dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Yacht itu sedang dalam perjalanannya dari Bahrain ke Dubai dan mungkin tersasar dengan kurang hati-hati ke perairan Iran. Kelima anggota awaknya masih di Iran. Semuanya diketahui selamat dan baik, dan keluarga mereka telah diberitahu."

Menteri Luar Negeri David Miliband menyatakan para pejabat Inggris dengan segera menghubungi pemerintah Iran di London dan di Teheran "untuk meminta penjelasan dan untuk berusaha menyelesaikan masalah itu dengan cepat".

"Duta besar kami di Teheran telah menyampaikan masalah itu kepada Kementerian Luar Negeri Iran dan kami telah membicarakan masalah itu dengan kedutaan besar Iran di London," jelasnya.

"Saya mengharapkan masalah ini akan segera dipecahkan. Kami akan tetap berhubungan dengan pemerintah Iran, dan juga keluarga (warga Inggris yang ditahan itu)," ia menambahkan.

Pada Maret 2007 sekelompok 15 tentara Inggris ditangkap oleh Iran ketika dalam perairan yang diperselisihkan. Mereka dibebaskan setelah sekitar dua pekan, tapi hanya setelah konflik diplomatik yang menegangkan antara London dan Teheran.

Hubungan antara Teheran dan Barat telah meningkat sejak itu -- dan dingin lagi setelah Republik Islam itu mengumumkan Minggu bahwa negara itu merencanakan untuk membangun lagi 10 fasilitas pengayaan uranium.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009