Banyuwangi (ANTARA News) - Pembalap Tim Nasional Malaysia Nor Rizwan Zainal merebut etape kesembilan Speedy Tour d`Indonesia 2009 yang menempuh perjalanan dari Probolinggo sampai Banyuwangi, Selasa.

Pada etape sejauh 179km tersebut, Nor Rizwan berada bersama kelompok besar pembalap dan mencapai finis terdepan dengan catatan waktu empat jam, 31 menit dan 39 detik.

Posisi kedua ditempati pembalap tim Plan B Australia Douglas Repacholi dan posisi ketiga oleh pembalap Rusia Sergey Kudentsov yang memperkuat Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya, dengan catatan waktu yang sama.

Dalam kategori nasional, pembalap Indonesia yang finis terdepan adalah Firmansyah dari Bintang Kranggan Cycling Club, diikuti pembalap tim Jogjakarta Didit Purwanto dan pembalap tim DKI Jakarta Reno Yudha Sansoko.

Pada nomor "intermediate sprint" yang digelar pada kilometer 59,8 dimenangi oleh pembalap tim Kencana Kota Malang Budi Santoso, dan yang digelar pada kilometer 96,5 dimenangi oleh tim Putra Perjuangan Kota Bandung Dadi Suryadi.

Dengan hasil-hasil tersebut, dalam klasemen keseluruhan tidak ada perubahan mendasar dengan Kaus Kuning pemimpin klasemen umum pembalap masih dimiliki pembalap tim Tabriz Petrochemical Iran, Mehdi Sohrabi, dengan total waktu tercepat 28 jam, 20 menit dan enam detik.

Kaus Merah Putih juga masih menjadi milik pembalap tim Polygon Sweet Nice (PSN) Hari Fitrianto dengan total waktu 28 jam, 34 menit dan 10 detik. Dia unggul satu menit 58 detik atas posisi kedua yang ditempati Didit Purwanto dari tim Yogyakarta.

Pemimpin klasemen "sprint" juga masih atas nama Mehdi Sohrabi dengan 21 poin, namun karena Mehdi sudah mengenakan Kaus Kuning, maka tanda kehormatan untuk klasemen "sprint", Kaus Hijau, dikenakan oleh posisi kedua Nor Rizwan Zainal dari Malaysia.

Klasemen Tanjakan (King of Mountain) yang sudah selesei dipimpin oleh Mehdi Sohrabi dengan 20 poin, namun Kaus Polkadot-nya dikenakan oleh posisi kedua klasemen tersebut, Amir Zargari, yang juga mengumpulkan 20 poin.

Speedy Tour d`Indonesia akan berlanjut pada Rabu (2/12) dengan etape kesepuluh yang juga merupakan etape terakhir untuk penghitungan klasemen,mulai dari Gilimanuk hingga Denpasar sejauh 136,8km. Setelah etape tersebut, juga masih ada nomor Kriterium yang akan digelar di Denpasar pada Kamis (3/12).
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009