Washington (ANTARA News/AFP) - Dana Moneter Internasionak (IMF), Selasa mengatakan, pihaknya telah menandatangani perjanjian pinjaman dengan Portugal hingga 1,06 miliar euro (1,6 miliar dolar AS) untuk memperkuat sumber daya pinjaman di tengah krisis ekonomi global.

Dana Moneter Internasional mengatakan kesepakatan dengan Banco de Portugal, bank sentral Portugal, "adalah bagian dari komitmen yang dibuat oleh Uni Eropa Maret 2009 untuk memberikan kontribusi hingga 75 miliar euro untuk mendukung kapasitas pinjaman IMF."

Sebanyak 27 negara Uni Eropa pada September berkomitmen menambah 50 miliar euro kepada pengembangan dana, skema pinjaman "New Arrangements to Borrow" (NAB) yang bertujuan meningkatkan pinjaman ke negara-negara anggota yang kesulitan dengan penurunan dan neraca pembayaran yang tegang.

Pada April Kelompok dari 20 negara maju dan berkembang (G-20) berjanji meningkatkan hingga tiga kali lipat sumber daya IMF menjadi 750 miliar dolar di tengah krisis terburuk global dalam beberapa dasawarsa.

Dana yang berbasis di Washington pekan lalu mengatakan bahwa sebuah tambahan 13 negara potensial telah setuju untuk bergabung dengan 26 negara dalam komitmen hingga 600 miliar dolar kepada NAB, yang awalnya telah ditargetkan pada 500 miliar dolar.

Portugal adalah anggota Uni Eropa ketujuh yang menandatangani perjanjian pinjaman dengan IMF sebagai bagian dari komitmen ini.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009