KAI sediakan fasilitas tes cepat untuk penumpang

KAI sediakan fasilitas tes cepat untuk penumpang

Tes cepat di Stasiun Solobalapan. (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyediakan fasilitas tes cepat COVID-19 untuk penumpang di beberapa stasiun besar termasuk di Daop 6 Yogyakarta.

"Untuk di Daop 6, kami bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) serta PT Rajawali Nusindo menyediakan layanan tes cepat COVID-19 seharga Rp85.000 di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solobalapan untuk pelanggan yang akan naik kereta api jarak jauh," kata Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto di Solo, Kamis.

Baca juga: Stasiun KA Tawang-Semarang sediakan layanan tes cepat COVID-19

Ia mengatakan layanan tersebut bertujuan untuk lebih memudahkan pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkan layanan tes cepat dengan harga terjangkau yang telah tersedia di stasiun ini," katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas COVID-19 Nomor 9 Tahun 2020, untuk perjalanan KA jarak jauh masih mensyaratkan penumpang untuk membawa Surat Bebas COVID-19 dari hasil PCR (tes usap) atau tes cepat yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan.

Baca juga: Libur Idul Adha, KAI tawarkan diskon 25 persen

Baca juga: KAI gandeng RNI sediakan layanan tes cepat Rp85.000 di 12 stasiun


"Atau boleh surat keterangan sehat bebas 'influenza like ilness' yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Test PCR atau tes cepat," katanya.

Ia mengatakan untuk pelanggan yang berhak melakukan tes cepat di stasiun ini harus memiliki kode booking tiket KA jarak jauh.

"Penyediaan tes cepat di stasiun ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api," katanya.

Ia berharap dengan fasilitas tersebut mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan.

Baca juga: Penumpang KA Bima dan Turangga di Daop Madiun dapat diskon 25 persen

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KAI Daop 8 Surabaya gratiskan tiket bagi pahlawan tanpa tanda jasa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar