Jakarta (ANTARA News) - Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) menggelar pameran foto bertajuk "Maling Jemuran" yang menampilkan 100 karya tentang jemuran dari beberapa wilayah di Indonesia.

Humas DKJ, Dimas Fuadi, Rabu, menjelaskan acara tersebut terbagi dalam dua sesi yakni sesi pertama 2-27 Desember 2009 dan sesi kedua 9-16 Januari 2010.

Pameran sesi pertama akan di gelar di Japan Foundation, Gedung Sumitmas Jalan Jendral Sudirman.

Sedangkan sesi kedua akan berlangsung di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jalan Antara nomor 59, Pasar Baru.

Ia menjelaskan, foto yang disajikan tak hanya mengandung apresiasi estetik terhadap unsur budaya dan seni Indonesia namun kritis menghadapi realita sosial dan kehidupan sehari-hari.

"Pasalnya, jemuran merupakan bagian dari hidup masyarakat tanpa mengenal status, golongan, usia dan lain sebagainya," katanya.

Ia menambahkan, dari foto jemuran dapat dilihat ragam budaya, terutamanya seperti variasi kain atau baju tradisional dari adat istiadat yang berbeda.

Selain itu, dapat dilihat pekerjaan maupun tingkat ekonomi dan sosialnya, contohnya jemuran seragam satpam, dokter dan lain sebagainya.

"Mungkin juga profil anggota keluarga pemilik jemuran misalnya keluarga yang memiliki bayi akan menjemur popok atau lain-lain," katanya.

Karena iu DKJ mengundang masyarakat luas untuk menikmati karya-karya foto yang akan dipajang selama pameran dan mengapresiasi karya yang terbilang unik tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009