Boyolali (ANTARA News) - Kedatangan rombongan haji asal Jepara, Jawa Tengah hari Kamis yang tergabung kelompok terbang (kloter) pertama di Debarkasi Adi Sumarmo Surakarta, jadwalnya diundur hingga tiga jam.

Kloter pertama haji asal Jepara yang dijadwalkan tiba di Bandara Adi Sumarmo Surakarta, Kamis (3/12) pukul 08.15 WIB diundur menjadi pukul 11.15 WIB, kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta Abdul Choliq di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis.

Menurut Choliq, penyebab molornya jadwal kedatangan kloter pertama tersebut belum diketahui secara pasti, tetapi kemungkinan karena kesibukan di Bandara King Abdul Aziz, di Jedah Arab Saudi.

Kendati demikian, pihaknya mengharapkan keterlambatan rombongan kloter pertama tersebut tidak akan mempengaruhi kloter-kloter berikutnya.

Sementara itu, Kasubbag Pengumpul dan Pengolahan Data PPIH Debarkasi Surakarta, Ahmad Suaidi menjelaskan, kedatangan kloter pertama yang diundur jadwalnya pada pukul 11.15 WIB tidak mengurangi semangat para satgas di PPIH di Asrama Haji Donohudan maupun di Bandara Adi Sumarmo.

"Satgas PPIH Surakarta sudah siap sejak pukul 04.30 WIB untuk menyambut kedatangan haji kloter pertama. Tapi, ada pemberitahuan bahwa kloter pertama diundur pukul 11.15 WIB," katanya.

Kedatangan kloter pertama itu rencananya akan disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Rombongan haji kloter pertama setelah turun dari pesawat langsung menumpang bus yang sudah tersedia kemudian diterima di gedung Muzdalifah (ruang steril) di asrama haji untuk menjalani pemeriksaan termasuk paspor jemaah.

Suaidi jmengatakan emaah diterima di gedung steril Muzdalifah tersebut sebagai langkah antisipasi untuk pemeriksaan kesehatan jemaah haji sebelum mereka dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing .

"Mereka diperiksa kesehatannya melalui alat pengukur suhu tubuh (themorscan) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus H1N1," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009