Makassar (ANTARA News) - Pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan belum dapat memastikan kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Makassar dalam rangka peringatan Hari Nusantara, 9 Desember mendatang.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, A. Muallim di Makassar, Jumat, mengatakan, pihak pemprov belum menerima konfirmasi kepastian dari pihak Sekretariat Negara (Setneg) di Jakarta.

"Kalau presiden tidak jadi datang, biasanya yang mewakili adalah wapres atau menteri," ujarnya.

Menurut Muallim, rencananya puncak peringatan Hari Nusantara dipusatkan di Centre Point of Indonesia (CPI) dan lahan yang disiapkan sudah dalam tahap perampungan.

Terkait dengan alokasi anggaran yang disiapkan Pemprov Sulsel untuk penyambutan SBY, Muallim menyebutkan sekitar Rp400 juta. Sisanya anggaran lainnya akan ditanggung pihak Pemkot Makassar.

Rencananya, puncak perayaan Hari Nusantara Nasional ke-10 dilaksanakan 9-13 Desember 2009. Pada peringatan itu, sebanyak 33 kapal layar phinisi akan meramaikan kawasan Pantai Makassar diiringi 1.000 kapal tradisional nelayan (jolloro).

Selain parade phinisi, juga ada kegiatan lainnya seperti, lomba renang antarpulau, lomba jala sampah, lomba bakar ikan/masak, lomba perahu hias dan diklat kelautan.

"Salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan pada peringatan Hari Nusantara nanti adalah Nusa Bahari Expo," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009