Jakarta, (ANTARA News) - Partai Demokrat dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 5-6 Desember 2009 mengeluarkan sembilan butir pernyataan politik guna menyikapi kondisi politik nasional.

Pernyataan politik yang antara lain menyikapi kasus Bank Century dan tudingan Partai Demokrat menerima aliran dana talangan Bank Century tersebut dibacakan oleh Ketua DPP Bidang Politik Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Jakarta Convention Center, Minggu.

"Terkait kasus Bank Century, Partai Demokrat meminta Pansus Angket di DPR bekerja sungguh-sungguh, berdasarkan data dan fakta, bukan berdasarkan rekaan, pengaruh pihak lain, fitnah dan rekayasa," tutur Anas.

Partai Demokrat dalam pernyataan politiknya mendukung agar mereka yang melakukan dan menerima aliran dana talangan Bank Century diproses hukum secara adil.

Partai Demokrat juga mendesak aparat hukum untuk mengusut tuntas upaya fitnah dan pembunuhan karakter terkait tudingan bahwa Partai Demokrat menerima aliran dana Bank Century pada Pemilu Presiden 2009.

"Semua fitnah, pembunuhan karakter, keji dan tidak bertanggungjawab, tidak bisa diterima akal sehat. Partai Demokrat mendesak aparat hukum untuk mengusut tuntas. Penegakan hukum yang kokoh adalah hasil bagi dasar ketentraman sosial," kata Anas di hadapan kader Partai Demokrat peserta Rapimnas.

Dalam pernyataan politiknya, Partai Demokrat menilai demokrasi di Indonesia telah mengalami kemajuan berati meski masih harus terus berproses. Untuk itu, demokrasi Indonesia harus dijauhkan dari praktik anarki, fitnah, pembunuhan karakter, serta tuduhan tidak mendasar.

Partai Demokrat juga menegaskan pentingnya penghargaan dan kepercayaan pada lembaga-lembaga demokrasi sehingga delegitimasi lembaga-lembaga tersebut jelas tidak menguntungkan masa depan demokrasi di Indonesia.

Dalam pernyataan politiknya, Partai Demokrat mendukung sepenuhnya langkah-langkah pemerintahan yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono, di antaranya pemberantasan mafia hukum, reformasi birokrasi, serta program 100 hari yang memprioritaskan kesejahteraan rakyat.

"Partai Demokrat meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono tetap kerja keras dan penuh konsentrasi. Berbagai masalah yang muncul jangan menghalangi," demikian Anas.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009