Jakarta, (ANTARA News) - Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam, Arip Musthopa, selaku anggota Tim 15 Gerakan Indonesia Bersih menyatakan, hingga Senin (7/12) petang, telah terdaftar 27 ribu massa aksi 9 Desember untuk menyemarakkan gelar hari anti korupsi sedunia di Lapangan Monas, Jakarta.

"Mereka itu tergabung dalam 47 elemen yang bersedia berada bersama-sama Gerakan Indonesia Bersih (GIB)," katanya kepada ANTARA, di Jakarta, Selasa.

Ia juga mengingatkan pihak-pihak tertentu yang mengkhawatirkan aksi damai ini, agar tidak perlu `paranoid` (khawatir berlebihan).

"Ini massa yang tergabung dalam GIB akan melakukan aksi damai, tidak diarahkan pada tindakan lain-lain di luar itu," tegasnya.

Ia juga mengungkapkan, jika ada massa aksi yang anarkis, itu bukan dari GIB. "Iya `dong, massa GIB tidak seperti itu," katanya lagi.

Jumlah massa peserta aksi 9 Desember ini, menurutnya, diperkirakan masih akan bertambah pada hari ini, bahkan hingga beberapa saat sebelum `kick-off`.

"Satu hal lagi, bahwa aksi ini bukan milik siapa-siapa. Ini gerakan rakyat dan karenanya milik rakyat," katanya lagi.

Aksi 9 Desember itu sendiri, menurut informasi, bakal dikawal sekitar 2000 aparat kepolisian berbagai kesatuan secara terbuka, belum dihitung yang menjadi tim pengamanan tertutup (Polri maupun unit lainnya).(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009