Jakarta, (ANTARA News) - Berbagai organisasi dan LSM yang tergabung dalam Koalisi Peringatan Hari HAM akan menggelar serangkaian acara peringatan Hari Hak Asasi Manusia yang akan berlangsung di beberapa tempat di wilayah DKI Jakarta, Kamis.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, setidaknya terdapat tujuh acara yang akan dilakukan oleh Koalisi Peringatan Hari HAM.

Acara tersebut antara lain adalah Pameran Foto Pembela HAM dan Korban bertajuk "Korban Pelanggaran HAM dan Kekerasan Terhadap Pembela HAM" yang berlangsung di Gedung LBH Jakarta di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Selain itu, terdapat acara aksi simpatik berupa "longmarch" atau aksi berjalan kaki dari Istana Negara menuju Bundaran Hotel Indonesia.

Aksi simpatik yang ditutup dengan Renungan Malam itu diagendakan berlangsung dari pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, terdapat pula acara Panggung Seni HAM yang merupakan ruang ekspresi seni bagi korban, aktivis HAM, seniman, musisi jalanan, yang dijadwalkan di Gedung LBH Jakarta pada pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Acara penganugerahan LBH Award 2009 juga akan dilaksanakan di Gedung LBH Jakarta, pada sekitar pukul 20.00 WIB.

Sedangkan rangkaian acara lainnya antara lain adalah Lomba Penulisan Puisi HAM, dan "roadshow" pemutaran film HAM dan diskusi di beberapa SMU dan universitas, yang telah berlangsung sejak bulan November 2009.

Koalisi Peringatan Hari HAM mengharapkan agar perayaan ini dapat membuat masyarakat dan negara semakin memahami pentingnya perlindungan bagi pembela HAM sehingga setiap orang berani untuk memperjuangkan HAM.

Hal ini karena seringkali pejuang HAM kerap mendapatkan berbagai bentuk ancaman, intimidasi, tindakan kesewenangan, dan kekerasan.

Koalisi tersebut merupakan gabungan lebih dari 20 organisasi dan LSM antara lain LBH Jakarta, LBH Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan, Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) Jakarta, LBH Pers, dan Indonesia Corruption Watch (ICW).(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009