Banda Aceh (ANTARA News) - Mantan Presiden Finlandia yang juga ketua lembaga mediator perundingan MoU Helsinki, Martti Ahtisaari mengadakan rapat tertutup dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Kamis.

Pertemuan di ruang rapat Kantor Gubernur Aceh itu juga dihadiri sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Aceh.

Irwandi Yusuf tiba lebih awal di kantor dan dihadang puluhan mahasiswa yang sebelumnya berunjukrasa di gedung DPR Aceh. Mahasiswa ingin ikut serta dalam pertemuan tersebut, namun tidak diizinkan.

Martti tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar pada pukul 11.00 WIB dan dijadualkan bertemu dengan Gubernur pada pukul 14.00 WIB, namun pertemuan tersebut terlambat sekitar 30 menit.

Setiba di kantor Gubernur Aceh, penerima Nobel Perdamaian 2009 itu disambut wartawan yang sudah menunggu sejak satu jam sebelumnya.

Martti juga dijadualkan bertemu dengan elemen sipil Aceh di Hotel Pade Jumat esok untuk melihat keberlanjutan perdamaian di Aceh.

Pada hari yang sama ia juga dijadualkan mengadakan pertemuan dengan Bank Dunia, perwakilan Uni Eropa di Aceh dan sore hari kembali ke Jakarta.

Pada Februari 2009, Martti bertemu dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas perkembangan perdamaian di Aceh pasca penandatanganan MoU Helsinki 15 Agustus 2006.

Selain memediasi perdamaian di Aceh, Martti juga telah melakukan upaya serupa di sejumlah negara yang mengalami konflik bersenjata seperti di Afrika, Eropa, Asia dan Timur Tengah. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009