Prinsipnya, kami Pemprov DKI Jakarta akan mendorong anak-anak usia dini  supaya ikut PAUD
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut  akan terbitnya regulasi untuk mengajak anak-anak di Jakarta mengikuti sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebelum masuk jenjang pendidikan berikutnya.

"Prinsipnya, kami Pemprov DKI Jakarta akan mendorong anak-anak usia dini  supaya ikut PAUD," kata Ariza di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wagub berpesan jadikan keterbatasan belajar daring sebagai motivasi

Hal tersebut dikatakan Ariza dalam menanggapi rekomendasi yang disampaikan oleh Pimpinan Wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan PAUD (HIMPAUDI) Jakarta, untuk menerbitkan regulasi yang mewajibkan masyarakat atau keluarga yang memiliki anak usia dini di Provinsi DKI Jakarta agar mengikuti layanan Program PAUD sebelum memasuki ke jenjang Pendidikan selanjutnya.

Lebih lanjut, Ariza mengatakan Pemprov DKI, berkomitmen untuk memperhatikan pola pengasuhan dan pendidikan sedari dini bagi setiap anak di Jakarta, salah satunya, mendorong anak-anak di Jakarta dapat mengikuti kegiatan belajar-mengajar di PAUD sebelum melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya.

Baca juga: Wagub DKI salurkan bansos untuk pekerja seni di Jakarta Selatan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nahdiana mengatakan bahwa pihaknya selama ini memiliki hubungan yang baik dengan Pengurus Wilayah HIMPAUDI DKI Jakarta dan sinergi tersebut akan terus dilakukan untuk mendorong agar anak-anak di Jakarta tumbuh kembang secara normal, dengan tetap memberikan kesempatan bermain yang cukup sesuai usianya.

Baca juga: Dana PEN Rp12,5 triliun untuk program prioritas

"Jadi, ada beberapa hal yang secara teknis sudah kami lakukan sinkronisasi secara bersama yang pada intinya kami berharap sesuai teman-teman HIMPAUDI sampaikan bahwa anak-anak biarkan tumbuh kembang sesuai usianya. Jangan dipaksakan untuk anak-anak itu PAUD targetnya harus bisa baca, bisa tulis, biar mereka tumbuh kembang yang normal saja. Dan lain-lain kami akan diskusi lebih lanjut," ucap Nahdiana.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020