Parepare, Sulsel (ANTARA News) Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi (KPJKB), Kamis (10/12), menggelar aksi jalan mundur dari pintu masuk Pengadilan Negeri (PN) Kota Parepare, Sulawesi Selatan hingga ke ruang persidangan.

Aksi jalan mundur tersebut digelar untuk memperingati hari Hak Asasi (HAM) se-dunia yang diperingati setiap tanggal 10 Desember. Koordinator KPJKB, Upi Asmaradhana menyebutkan bahwa aksi jalan mundur ini melambangkan berjalan mundurnya pengakan HAM di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan.

Upi mengatakan, peringatan hari HAM se-dunia sengaja digelar di Kota Parepare, karena saat ini di Kota tersebut sedang berlangsung dugaan kasus pelanggaran HAM yang menimpa salah seorang warga yang saat ini juga menjabat sebagai anggota DPRD Kota Parepare.

"Kami sengaja menggelar peringatan HAM se-dunia di Kota Parepare, karena di sini ada dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap warganya. Ini untuk mengingatkan saja bahwa di daerah ini sedang terjadi pelanggaran HAM," kata Upi Asmaradhana.

Selain Upi, aksi jalan mundur tersebut juga dihadiri oleh Rahman Saleh Anggota DPRD Parepare, Prof Dr Aswanto SH, MH, DFM Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) yang juga seorang pengamat HAM, serta sejumlah jurnalis dan akademisi.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009