AsiaNet 85034

Tokyo, 6 Agustus 2020 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) - 

Pada 6 Agustus, untuk memperingati 75 tahun jatuhnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, organisasi Buddha Soka Gakkai mengeluarkan pernyataan yang menyerukan penghapusan senjata nuklir dan pemberlakuan awal Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir (TPNW).

Soka Gakkai berjanji untuk mengerahkan semua upaya untuk penghapusan total senjata nuklir dan juga mendesak pemerintah Jepang untuk bergerak ke arah partisipasi dalam TPNW, dengan menyatakan, "Pada saat yang sangat penting ini, pemerintah Jepang, satu-satunya negara yang menderita serangan bom atom selama perang, harus mengumumkan kesiapannya untuk mempertimbangkan partisipasi dalam TPNW, sehingga secara positif membentuk wacana tentang penghapusan senjata nuklir dalam komunitas internasional."

Dalam pernyataannya, Yoshiki Tanigawa, ketua Dewan Urusan Perdamaian Soka Gakkai, menyatakan, "Dalam beberapa tahun terakhir, ada tanda-tanda perlombaan senjata nuklir di antara negara-negara bersenjata nuklir kembali meningkat. Pada saat yang sama, penyebaran global dari virus corona baru telah menunjukkan bahwa kekuatan militer tidak mampu menyelesaikan tantangan global, sehingga memaksa kami untuk menghadapi pertanyaan tentang apa yang merupakan keamanan otentik bagi manusia."


Pada tanggal 6 dan 8 Agustus masing-masing, Soka Gakkai di Hiroshima dan Nagasaki akan mengadakan pertemuan online untuk mendengarkan kesaksian hibakusha, para penyintas bom atom. Selama setahun terakhir, anggota pemuda di daerah ini terus mengumpulkan kesaksian tentang pengalaman masa perang, termasuk dari hibakusha, yang bertujuan untuk menerbitkan jilid terbaru musim gugur ini. Soka Gakkai di Jepang juga akan mengadakan pertemuan pemuda online tentang penolakan perang pada bulan September.

Di tingkat global, SGI (Soka Gakkai International), dengan sekitar 200 organisasi dari latar belakang agama yang berbeda, termasuk Buddha, Kristen, Hindu, Jain, Yahudi, Muslim dan tradisi adat, telah menandatangani Pernyataan Bersama Lintas Agama pada peringatan 75 tahun jatuhnya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki. Pernyataan itu menegaskan bahwa "kehadiran bahkan satu senjata nuklir melanggar prinsip-prinsip inti dari tradisi kepercayaan kita yang berbeda dan mengancam penghancuran yang tak terbayangkan dari semua yang kita sayangi." Ini menjabarkan konsekuensi lingkungan, kesehatan dan ekonomi dari ledakan nuklir dan mendesak pemerintah untuk meratifikasi TPNW. Ini adalah pernyataan lintas agama kedua belas yang dikeluarkan sejak tahun 2014, didukung oleh semakin banyak kelompok agama.


Soka Gakkai adalah organisasi Buddha global dengan 12 juta anggota di seluruh dunia yang mempromosikan perdamaian, budaya dan pendidikan. Soka Gakkai telah berupaya menuju penghapusan senjata nuklir selama 60 tahun, sejak Deklarasi Menyerukan Penghapusan Senjata Nuklir yang dikeluarkan oleh Presiden Soka Gakkai kedua Josei Toda pada 8 September 1957.

Sumber: Soka Gakkai

Kontak:
Joan Anderson
International Office of Public Information
Soka Gakkai
Tel: +81-80-5957-4711
E-mail: anderson[at]soka.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020