TOKYO, 19 Agustus (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Dalam merespon bencana Topan Morakot, yang mengakibatkan banjir hebat dan tanah longsor di bagian tengah dan selatan Taiwan pada 7 dan 8 Agustus, organisasi SGI di Taiwan, Macau dan Hong Kong memberi bantuan kemanusiaan dan sumbangan guna mendukung upaya penyelamatan oleh pemerintah. Jumlah korban tewas akibat Morakot, topan terkuat yang melanda pulau tersebut dalam kurun waktu setengah abad, dapat mencapai 500, dan lebih dari 7.000 orang kehilangan tempat tinggal.

     Pada 9 Agustus, Taiwan Soka Association (SGI-Taiwan atau TSA) mendirikan Pusat Darurat sementara di lima pusat komunitasnya di sejumlah kota di daerah bencana seperti Tainan, Chiayi, dan Kaohsiung. Anggota TSA setempat bepergian naik rakit bambu untuk membantu orang keluar dari rumahnya yang terendam banjir: beberapa orang menyalurkan makanan dan air minum kepada para korban, lainnya menyumbangkan alat-alat pertolongan pertama (termasuk perlengkapan sterilisasi dan suci hama serta obat), dan beberapa orang membantu para korban membersihkan rumah-rumah mereka dari lumpur banjir. Ratusan orang ikut serta dalam aktivitas pemulihan ini selama lima hari.

     Pada 13 Agustus, Direktur Jenderal TSA, Lin Chao menyumbangkan 1.000.000 Dolar Taiwan Baru (US$30.300) atas nama anggotanya kepada Kementerian Dalam Negeri Taiwan. Sumbangan ini diterima oleh Deputi Menteri Lin Jhong-shen, yang menghormati rekam jejak kuat organisasi ini dalam melaksanakan aktivitas kemanusiaan dalam merespon bencana alam.

     SGI-Hong Kong memberi sumbangan sebesar HK$300.000 (US$38.700) melalui Biro Perjalanan Chung Hwa dalam mendukung aktivitas pemulihan oleh pemerintah Taiwan pada 17 Agustus. Upaya penggalangan dana dari para anggota SGI-Hong Kong akan berlanjut hingga 31 Agustus. Pada 17 Agustus, SGI-Macau juga menyerahkan HK$100.000 (US$12.900) kepada Palang Merah Macau dalam mendukung aktivitas pemulihan di Taiwan.

     Soka Gakkai International adalah organisasi agama Buddha beranggotakan 12 juta orang di lebih dari 190 negara dan wilayah di seluruh dunia yang aktivitasnya meningkatkan perdamaian, budaya, pendidikan dan memberi pemulihan kemanusiaan dilandasi oleh tradisi kemanusiaan agama Buddha yang telah berlangsung sejak lama.

     SUMBER: Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Kantor Penerangan Umum
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-3-5360-9482
     Fax: +81-3-5360-9885
     e-mail: janderson[at]sgi.gr.jp
     URL: www.sgi.org

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009