Kami yakin Arsenio akan membawa IMO menjadi lebih baik lagi ke depannya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia menyambut baik atas terpilihnya Arsenio Antonio Dominguez Velasco dari Republik Panama sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organisasi Maritim Internasional (IMO) yang baru periode 1 Januari 2024-31 Desember 2028.

Terpilihnya Sekjen IMO yang baru tersebut dilakukan pada sidang IMO Council ke-129 di London, Inggris, Selasa (18/7/2023).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha yang menjadi delegasi Indonesia pada sidang IMO Council ke-129 tersebut dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu mengungkapkan proses pemilihan Sekjen IMO berjalan dengan ketat dan lancar dan berlangsung dalam empat putaran.

Sebanyak 40 negara anggota dewan (council) IMO memberikan hak suaranya untuk enam orang kandidat Sekjen IMO dan di putaran akhir tersisa tiga kandidat yang dimenangkan oleh Arsenio dari Republik Panama dengan 21 suara dari total 40 suara.

"Dengan 21 suara, Mr Arsenio dari Panama terpilih menjadi Sekretaris Jenderal IMO mulai 1 Januari 2024. Dengan demikian, Mr. Arsenio akan menggantikan Sekjen IMO Mr. Kitack Lim yang akan berakhir masa jabatannya pada 31 Desember 2023 nanti," ujar Arif.

Ia mengatakan bahwa dengan terpilihnya Arsenio sebagai Sekjen IMO, tentunya Pemerintah Indonesia sebagai anggota Dewan IMO berkomitmen terus memberikan dukungan penuh kepada IMO untuk peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran dunia dan juga perlindungan lingkungan maritim.

"Indonesia menyambut baik atas terpilihnya Mr Arsenio dari Panama. Selain memiliki kedekatan hubungan kerja sama yang baik di sektor transportasi laut antara Indonesia dan Panama, Arsenio juga merupakan sosok yang sudah lama berperan aktif di Organisasi Maritim Internasional ini. Kami yakin, Arsenio akan membawa IMO menjadi lebih baik lagi ke depannya," ujar Arif.

Arsenio akan dikukuhkan secara resmi pada sidang IMO Assembly di November 2023 nanti yang akan dihadiri oleh 173 negara anggota IMO.

Adapun Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menjadi penanggung jawab pelaksanaan kegiatan dan administrasi pemerintah atau maritime administration pada Organisasi Maritim Internasional di bidang pelayaran (IMO) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2022 tentang Kementerian Perhubungan.

Saat ini, Indonesia sedang mencalonkan diri kembali sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2023-2024 yang pemilihannya akan dilaksanakan pada sidang IMO Assembly di November 2023 mendatang.

Untuk menggalang dukungan suara, Indonesia melakukan sejumlah kegiatan pada sidang IMO Council ke-129 di London yang masih berlangsung pada 17 Juli-21 Juli 2023 seperti menggelar coffee break bagi para anggota Dewan IMO, side event dengan mengadakan pertemuan bilateral serta menyelenggarakan lunch reception di Gedung IMO, London.

Hadir memimpin delegasi Indonesia pada kegiatan sidang IMO Council ke-129 tersebut, yakni Duta Besar RI untuk Inggris merangkap Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional Desra Percaya, Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt Hendri Ginting, perwakilan Kemenkomarves, Kementerian Luar Negeri, Kemenpan RB, Biro Klasifikasi Indonesia, KBRI di London dan juga Atase Perhubungan RI di London.

Baca juga: Kemenhub luncurkan logo pencalonan RI sebagai anggota Dewan IMO
Baca juga: Diinisiasi RI, IMO tetapkan pedoman penanganan penelantaran pelaut
Baca juga: Indonesia paparkan perkembangan Inaportnet di Sidang IMO

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023