Palu (ANTARA News) - Bantuan koin untuk Prita Laura di Palu, Sulawesi Tengah, selama dua hari terakhir terus mengalir meski secara nasional bantuannya telah mencapai lebih Rp500 juta.

Bantuan untuk Prita pada Jumat (10/12) dikumpulkan oleh pelajar SMP Terpada Madani Palu. Guru SMP Terpadu Madani Palu Dian Anggraini mengatakan, bantuan yang telah terkumpul saat ini mencapai Rp225.000.

Bantuan berupa uang koin tersebut, katanya, akan dikirim pada Senin (14/12) bersamaan dengan sejumlah bantuan yang telah terkumpul sebelumnya.

Ditanya kenapa pelajar SMP Terpadu Madani memberikan bantuan, Dian mengatakan para siswa merasa tergugah untuk memberikan dukungan.

"Kami merasa peduli dengan kasus yang dihadapi Prita karena saya yakin dia tidak bersalah," katanya.

Prita Mulyasari sendiri divonis pengadilan untuk membayar denda sebesar Rp204 juta karena telah mencemarkan nama baik RS Omni Internasional.

Sebelumnya, tiga organisasi wartawan di Palu, yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Palu, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulteng juga menggelar aksi solidaritas untuk membantu Prita.

Aksi solidaritas itu berhasil mengumpulkan koin sebanyak Rp496.175.

Ketua AJI Kota Palu Ridwan Lapasere mengatakan aksi itu bertujuan untuk menyatakan bahwa kebebasan berpendapat dilindungi undang-undang.

"Jangan sampai muncul Prita-Prita yang lain. Cukup ini saja," kata Ridwan, seraya mendesak agar aparat penegak hukum bertindak lebih adil dalam memberikan keputusannya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009