Jakarta (ANTARA) - Juventus secara resmi mendaulat Andrea Pirlo untuk menjadi pelatih baru mereka setelah memecat Maurizio Sarri, hanya sepekan setelah merekrut mantan gelandang itu untuk melatih tim Juve U-23, demikian dilansir laman resmi klub.

"Andrea Pirlo merupakan pelatih baru Juventus," demikian pernyataan Juventus.

"Hari ini dimulailah babak baru dalam karier dia di dunia sepak bola, sebagaimana telah disampaikan hampir sepekan lalu: Dari Maestro menjadi Mister. Mulai hari ini ia akan menjadi pelatih untuk orang-orang Juventus, sebab klub telah memutuskan untuk mempercayakan dia dengan kepemimpinan teknis kepada tim pertama, setelah sebelumnya memilih dia untuk (melatih) Juventus U-23," tambah pernyataan itu.
Pirlo diikat kontrak berdurasi dua tahun yang berlaku sampai 30 Juni 2022.

Jabatan sebagai pelatih Juventus merupakan peran kepelatihan perdana untuk Pirlo.

Sarri dipecat pada Sabtu malam WIB, hanya beberapa jam setelah Juve disingkirkan Olympique Lyon pada putaran 16 besar Liga Champions.

Ia membawa mereka memenangi gelar Liga Italia untuk kesembilan kalinya secara beruntun, namun Juve gagal memenangi Piala Italia dan Piala Super Italia.

Presiden Juventus Andrea Agnelli melihat Pirlo sebagai sosok yang akan mengikuti jejak Zinedine Zidane di Real Madrid, mantan gelandang kreatif dengan visi permainan yang sangat bagus, serta berusia cukup muda untuk dapat terkoneksi dengan baik kepada para pemain.

Pirlo membawa timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006, serta sejumlah gelar Liga Italia dan Liga Champions saat masih berseragam AC Milan dan Juve.

Ia pensiun pada Januari 2018 setelah sempat bermain di Liga AS bersama New York City FC, namun terakhir kali berkiprah di Italia Pirlo bermain untuk Juve pada 2011 sampai 2015.

Baca juga: Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih baru Juventus U-23

Baca juga: Juventus resmi pecat pelatih Maurizio Sarri

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020