Bogor (ANTARA News) - Kegiatan IPB "Blogger Day" 2009 yang disiapkan untuk memecahkan rekor MURI, ternyata gagal terlaksa akibat adanya kerusakan teknis jaringan hotspot.

"Kita gagal memecahkan rekor museum rekor Indonesia (MURI) akibat kesalahan teknis tersebut. Peserta tidak bisa mengakses internet diwaktu yang telah ditetapkan,"  ucap koordinator Humas Fawzia Defrida, di Bogor, Minggu.

Rencananya IPB Blogger Day 2009 yang dicanangkan oleh mahasiswa Ilmu Komputer IPB akan memecahkan rekor MURI kategori akses post Blog dengan 1000 laptop secara bersaman. Data terakhir peserta yang datang hanya 800-an orang.

IPB Blogger Day 2009 berlangsung di gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB Dramage Bogor, Kabupaten Bogor juga diselingi acara seminar dan pertujukan seni.

Kegagalan pemecahan rekor itu mulai terlihat pukul 11.00 WIB saat pemecahan rekor yang jadi kegiatan puncak itu dimulai. Seluruh peserta yang hadir tidak dapat mengakses jaringan internet.

Batas waktu pemecahan rekor MURI dari pukul 11:00 WIB hingga 13:30 WIB. Sebelum dimulai pemecahan rekor MURI sebagian peserta ada yang bisa mengakses jaringan internet.

Pada saat waktu yang ditentukan, akses point internet distabilkan untuk memulai pemecahan rekor, namun akibat keselahan teknis internet tidak bisa diakses, saat seluruh laptop peserta diaktifkan.

Berkali-kali operator mencoba membentulkan jaringan, namun akibat kapasitas yang kurang memadai dan teknis komputer yang sulit distabilkan proses perbaikan gagal.

Alhasil seluruh perserta pada jadwal yang ditetukan tidak bisa membuka program bloggernya.

Dua hari sebelumnya telah dilakukan uji coba akses poing untuk dua orang dan hasilnya memuaskan.

"Waktu uji coba lancar dan tidak ada hambatan, sehingga kita optimis ini bisa terselenggara," ucapnya.

Pada hari H, akses point yang telah disediakan sebanyak 8 titik masing-masing untuk 200 pengguna ternyata tidak berjalan lancar.

"Kita sangat menyayangkan, dua bulan kita mempersiapkan konsepnya ternyata gagal karena akses point tidak lancar," ujar Fawzia

Hingga pukul 14.00 WIB, tidak satupun dari sekitar 800 peserta yang hadir akses point internetnya menyala. Akibatnya satu persatu peserta mulai pulang dengan mimik kecewa.

"Udah dari tadi dicoba juga tidak bisa, apalagi baterai laptop sudah drop. Kemungkinan untuk bisa diakses sangat kecil, makanya kita memilih pulang," ungkap salah satu peserta yang juga mahasiswa IPB.

IPB Blogger Day 2009, dihadiri mahasiswa IPB yang ingin memecahkan rekor MURI kategori Post blog dengan 1000 laptop secara bersamaan.

Kegagalan pemecahan blogger day tersebut menjadi pelajaran bagi panitia, dan belum ada rencana kedepan akan diulang kembali.

Selain mahasiswa, acara tersebut juga dihadiri oleh pihak MURI yang diwakili oleh Notaris, dosen IPB, pembicara seminar Blogger Wicaksono dari majalah Tempo dan Prof. Dr. Ir Syafri Mangkuprawira.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009