Kediri (ANTARA Newa) - Kesebelasan Persatuan Sepak Bola Indonesia Kediri (Persik) unggul tipis atas tim tamu, Persiba Balikpapan 1-0 dalam ajang Liga Super Indonesia di Stadion Brawijaya, Kediri, Jatim, Minggu sore.

Satu-satunya gol kemengan Persik tersebut diciptakan oleh Suswanto yang merupakan pemain tengah Persik pada menit ke-28.

Sejak babak pertama, tim tamu mencoba menguasai pertandingan. Terbukti, beberapa kali penuerang ("striker") tim yang berjuluk "Beruang Madu", Julio Lopez dan Robertino Pugliara membahayakan penjaga gawang Persik yang dikawal Herman Batak.

Namun, karena terlalu asyik menyerang, Persik justru berhasil menerobos pertahanan lawan. Mnit ke-28, Suswanto berhasil menjebol gawang Persiba yang dijaga I Made Wirawan lewat tendangan sundulan kepala ("heading"), setelah memanfaatkan bola liar yang bermula dari tendangan sudut yang dilakukan Amarildo Souza.

Unggul satu angka, anak-anak Persik langsung menggempur habis pertahanan Persiba. Terlebih, Persik juga mendapat suntikan tenaga baru, Yongki Ariwibowo yang baru saja pulang dari Laos usai bergabung dengan Tim Nasional U-23.

Pergerakan tersebut terbukti ampuh. Tercatat hingga beberapa kali, gawang Persiba terancam. Sayangnya, usaha itu gagal, dan hingga babak pertama usai, kedudukan 1-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Persiba berusaha menyamakan kedudukan dengan terus membombardir gawang Persik. Beberapa kali kesempatan emas, dimana salah satunya di menit ke-65, pemain Persiba asal Korea, Park Jung Kwang, hampir saja menyamakan kedudukan.

Namun, karena kegesitan kiper Herman Batak, serangan tersebut mampu dimentahkan. Hingga pertandingan berakhir kedududkan tetap 1-0 untuk tuan rumah tim "Macan Putih".

Pelatih Persiba Balikpapan, Hariyadi mengaku, belum beruntung dengan kekalahan tersebut. Ia memastikan, anak asuhnya bermain sangat baik.

"Anak-anak bermain sangat baik dan banyak menciptakan peluang. Kami kurang beruntng saja, dengan kekalahan itu," katanya ditemui di stadion.

Pelatih Persik Kediri, Gusnul Yakin mengaku, bangga dengan kemenangan yang diperoleh tersebut, mengingat kondisi anak-anak asuhnya tidak penuh.

"Kondisi kami, banyak pemain yang absen. Ini adalah hasil yang sangat saya syukuri," kata Gusnul.

Dengan kemenangan ini, Persik berhasil keluar dari papan bawah, setelah mengumpulkan nilai 11 dari dua kali menang, dan lima kali seri, serta satu kali kalah. Sementara itu, untuk Persiba, masih berada di papan atas, walaupun mengalami kekalahan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009