Bogor (ANTARA News) - Mahasiswa asal University Putra Malaysia (UPM) yang mengikuti program "mobiliti pelajar jangka pendek" (semacam magang) yang diterapkan UPM melakukan kunjungan ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

Juru Bicara IPB Ir Henny Windarti di Bogor, Minggu mengatakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof Yonny Kusmaryono menerima secara resmi sebanyak 28 mahasiswa dari UPM di Kampus Darmaga pada Senin (7/12) lalu.

"Sebanyak 28 mahasiswa UPM yang berprestasi itu akan menggali ilmu selama dua minggu di IPB," katanya.

Menurut Dr Ganda Seca, perwakilan dari UPM yang mengantarkan para mahasiswa asal negeri jiran itu, salah satu tujuan dari program tersebut adalah agar dapat memberikan pengalaman akademik di luar negeri kepada mahasiswa.

Pengalaman tersebut, katanya, dapat berupa perkuliahan dan praktikum, dan bahkan dalam kegiatan organisasi mahasiswa sehingga dapat menambah pengalaman.

Ia berharap ke-28 mahasiswa UPM yang akan menggali ilmu selama dua pekan di IPB itu akan mentransfer ilmunya ke mahasiswa-mahasiswa di UPM yang kurang beruntung untuk turut serta dalam kunjungan ke IPB.

Selain kunjungan mahasiswa UPM ke IPB, kata dia ke depan kerja sama IPB dan UPM diharapkan dapat terus ditingkatkan.

Selain kerja sama dalam bidang penelitian, menurut dia kerja sama di masa mendatang juga dapat berupa pengiriman staf pengajar IPB untuk mengajar di UPM selama enam bulan dengan mendapatkan fasilitas gaji dari UPM.

Ganda Seca menambahkan bahwa mahasiswa yang turut serta dalam program magang itu merupakan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik.

Di samping itu, mereka juga ditunjang oleh kemampuan komunikasi yang baik dan aktif berorganisasi. "Mereka adalah mahasiswa yang beruntung setelah sebelumnya diadakan penyeleksian oleh pihak UPM hingga akhirnya terpilih 28 orang mahasiswa untuk mengunjungi IPB," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009