Jakarta (ANTARA) - Berita dampak pandemi COVID-19 masih menghiasi informasi bidang ekonomi pada Minggu (9/8), mulai dari kinerja Telkom yang tumbuh positif hingg penjualan semen turun.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih hangat untuk dibaca kembali.

1. Telkom cetak laba bersih Rp10,99 triliun semester I 2020

Di tengah masa pandemi COVID-19, Telkom mampu membukukan kinerja positif pada semester pertama 2020.

Pendapatan konsolidasi sepanjang semester I 2020 sebesar Rp66,9 triliun dengan laba bersih sebesar Rp10,99 triliun.

Berita selengkapnya klik ini

2. PTPN pastikan tidak rampas hak rakyat

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Grup memastikan tidak merampas hak rakyat dalam sengketa lahan atau konflik agraria terkait penyerobotan Hak Guna Usaha (HGU) PTPN di berbagai daerah yang masih terus terjadi.

Sebagai holding perkebunan, BUMN ini sedang fokus menjalankan transformasi bisnis dengan mengoptimalkan pengembangan aset-aset negara, termasuk lahan perkebunan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi negara.

Berita selengkapnya klik ini

3. OJK pastikan pemerintah beri jaminan kredit modal kerja UMKM

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan pemerintah menjamin sebesar 80 persen kredit dari perbankan untuk modal kerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) guna membantu pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso di Kantor OJK Regional 2 Jawa Barat di Bandung, Minggu, mengatakan pengaruh UMKM untuk mendorong pemulihan ekonomi cukup besar.

Berita selengkapnya klik ini

4. Gerbang Tol Cikunir 4 JORR mulai dioperasikan Selasa

Gerbang Tol (GT) Cikunir 4 ruas lingkar luar Jakarta (JORR) mulai dioperasikan pada Selasa (11/8) pukul 00.00 WIB untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan sekaligus mengantisipasi kepadatan di GT Cikunir 2.

Pengoperasian gerbang tol baru ini untuk mengurai beban transaksi lalu lintas yang terjadi di Cikunir 2 dari arah Cikampek dan sekitar menuju ke berbagai wilayah di Jakarta.

Berita selengkapnya klik ini

5. Semester pertama 2020, Indocement jual 7,3 juta ton semen

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk mencatat penjualan 7,3 juta ton semen, selama semester pertama tahun 2020.

"Jumlah itu menurun hingga 11,9 persen atau sekitar 994 ribu ton, dari semester sebelumnya," ujar Direktur Indocement, Antonius Marcos di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Berita selengkapnya klik ini

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020