Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Algarve di Portimao, Portugal akan menjadi tuan rumah seri penutup MotoGP musim 2020 pada 22 November mendatang, demikian dilansir MotoGP pada Senin.

Algarve akan menggelar balapan MotoGP lagi di Portugal sejak terakhir kali pada 2012. Miguel Oliveira dari tim KTM Tech 3 merupakan satu-satunya pebalap asal Portugal yang ada di grid MotoGP tahun ini.

"Ini adalah kabar besar bagi kami, kami menandatangani kontrak pada 2017 dengan Portimao untuk menjadi sirkuit cadangan jika ada pembatalan, dan kami telah berkomunikasi dengan mereka selama ini," kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Baca juga: MotoGP rilis revisi kalender musim 2020

"Portugal memiliki sejarah panjang di olahraga kami dan telah ada beberapa pertarungan bersejarah di Estoril. Sangat bagus bagi kami bisa kembali ke Portugal."

Kalender awal 2020 seharusnya bisa menjadi musim terpanjang di MotoGP yang terdiri dari 20 seri dimulai di Qatar dan berakhir di Valencia, dengan termasuk pemberhentian di daratan Amerika dan Asia.

Namun pandemi virus corona memaksa seri Qatar batal untuk kelas premier, sedangkan kelas Moto2 dan Moto3 tetap berjalan karena tim telah berada di Sirkuit Losail lebih awal untuk menjalani tes pramusim sebelum lockdown diberlakukan.

Baca juga: MotoGP batal gelar grand prix di Argentina, Thailand, dan Malaysia

Balapan yang dibatalkan antara lain, Australia, Jepang, Inggris, Jerman, Belanda, Finlandia dan Italia.

Sebanyak 13 seri provisional diumumkan pada Juni lalu, dimulai dengan dua seri di Jerez. Kini Portugal akan menggelar seri pamungkas setelah dua seri yang digelar di Valencia pada November.

Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha memimpin klasemen pebalap setelah tiga seri dengan 59 poin, sedangkan Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha menjadi rival terdekat, terpaut 17 poin di peringkat dua.

Baca juga: Brad Binder taklukkan Brno untuk raih kemenangan perdana di MotoGP
Baca juga: Quartararo juarai GP Andalusia, Yamaha sapu bersih podium
Baca juga: Quartararo raih kemenangan perdana di MotoGP setelah taklukan Jerez

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020