Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak sebelas aksi akan digelar di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, Kamis, dua aksi diantaranya dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Buruh Migran Internasional yang dirayakan setiap 18 Desember.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Kamis pagi, aksi unjuk rasa pertama akan dilakukan Tim Pembela Buruh Migran Indonesia di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, sejak sekitar pukul 08.30 WIB.

Aksi demo kedua adalah oleh Aliansi LSM antara lain Migrant Care, Asosiasi Serikat Pekerja, Serikat Buruh Migran Indonesia, LBH Asosiasi Perempuan Indonesia untuk keadilan, dan LBH Jakarta, pada pukul 09.00 WIB.

Berbagai aksi menjelang Hari Buruh Migran Internasional memiliki agenda antara lain mendesak pemerintah segera meratifikasi Konvensi Perlindungan Buruh Migran dan Anggota Keluarganya yang dikeluarkan PBB pada tahun 1990.

Para peserta aksi juga meminta agar pemerintah benar-benar memperhatikan dan menjamin keselamatan para buruh migran Indonesia yang mencari nafkah di luar negeri.

Selain aksi terkait buruh migran, terdapat pula unjuk rasa di depan kantor KPK pada pukul 09.30 WIB oleh kelompok Forum Komunikasi Bela Kebenaran Indonesia Timur (FKBKIT).

Selanjutnya, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia akan melakukan aksi di depan kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang kantornya terletak di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada pukul 10.00 WIB.

Kemudian, unjuk rasa oleh Friends of Falun Gong Indonesia diagendakan berlangsung di depan Kedutaan Besar Republik Rakyat China yang terletak di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, yang dmulai pada pukul 10.30 WIB.

Pada pukul 11.00 WIB, aksi demonstrasi akan dilaksanakan tiga elemen masing-masing di tiga tempat, yaitu di Pengadilan Hubungan Industrial di Jalan MT Haryono, Istana Wakil Presiden di Jalan Medan Merdeka Selatan, dan di depan kantor KPK.

Unjuk rasa juga diagendakan berlangsung di depan KPK pada sekitar pukul 13.00 WIB oleh elemen Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum.

Masih pada jam yang sama, kelompok Lingkar Aksi Berantas Korupsi Indonesia di depan Kanwil Departemen Agama DKI Jakarta di Jalan Jenderal Ahmad Yani Jakarta Timur.

Terakhir, aksi damai Aliansi Rakyat Tolak UU BHP digelar di Bundaran HI, pada pukul 19.00 WIB.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009