Situs resmi Pemprov Riau lumpuh terdampak kebakaran Gedung Telkom

Situs resmi Pemprov Riau lumpuh terdampak kebakaran Gedung Telkom

Tampilan situs resmi Pemprov Riau tidak bisa diakses karena terkena imbas gangguan jaringan internet akibat gedung Telkom terbakar di Kota Pekanbaru, Selasa (11/8/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Jaringan internet sampai sekarang belum pulih
Pekanbaru (ANTARA) - Situs resmi Pemprov Riau di Kota Pekanbaru lumpuh dan tidak bisa diakses karena terdampak kerusakan jaringan akibat kebakaran Gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom di Kota Pekanbaru, pada Selasa siang.

Dua situs resmi Pemprov Riau, yakni mediacenter.riau.go.id dan corona.riau.go.id hingga Selasa petang tidak bisa diakses oleh publik. Hal ini disebabkan server situs tersebut padam karena selama ini menggunakan jaringan internet Telkom.

“Jaringan internet sampai sekarang belum pulih,” kata Staf Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Raden Heru.

Baca juga: Gedung Telkom Pekanbaru terbakar, jaringan pelanggan Kepri ikut lumpuh

Ia mengatakan jaringan internet lumpuh sejak pukul 15.00 WIB. Pegawai tidak bisa lagi melanjutkan pekerjaan di kantor tersebut.

Kebakaran Gedung HPBB mengakibatkan seluruh jaringan Telkom dan Telkomsel lumpuh mulai dari layanan telepon, paket data hingga internet. Gangguan jaringan juga dirasakan hingga ke pelanggan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Pegawai di kantor pemerintahan juga tidak bekerja karena jaringan internetnya pakai Telkom,” kata warga Lingga, Nurjali, ketika dihubungi dari Pekanbaru.

Baca juga: Gedung HPBB Telkom Pekanbaru terbakar, jaringan ke pelanggan lumpuh

Berdasarkan pantuan, Gedung HPBB berlokasi di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru. Berdasarkan prasasti yang tertera di depan bangunan tersebut, Gedung HPBB Telkom Kandatel Riau Daratan diresmikan oleh Direktur Bisnis Jasa Telekomunikasi Telkom, Garuda Sugardo, pada April 2000, bukan 2020 seperti yang diberitakan sebelumnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, karena bangunan tiga lantai tersebut berisi peralatan dan peranti penting milik Telkom.

Baca juga: SMPN 7 Pekanbaru ludes terbakar saat libur PSBB

“Sempat terdengar tiga sampai empat kali suara seperti ledakan ketika api mulai membesar di lantai dua gedung,” kata saksi mata, Sylvia yang bekerja sebagai Ketua Tim Grapari Telkomsel Pekanbaru.

Ia mengatakan kebakaran mulai diketahui sekitar pukul 14.30 WIB. Seluruh pegawai langsung diminta untuk meninggalkan gedung.

Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru terlihat mengerahkan tiga mobil pemadam ke lokasi kebakaran. Api bisa dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian.

Baca juga: Jumlah titik panas di Sumsel naik tiga kali lipat

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mendorong ‘Making Indonesia 4.0’ melalui Lab Komunitas TIP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar