Liga 2 Indonesia

Dirut: LIB akan subsidi tuan rumah fase grup Liga 2

Dirut: LIB akan subsidi tuan rumah fase grup Liga 2

Direktur utama baru PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita. (ANTARA/HO/PT Liga Indonesia Baru)

Ada konsekuensi sebagai tuan rumah terutama soal biaya
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa LIB akan memberikan subsidi bagi klub yang menjadi tuan rumah fase grup Liga 2 musim 2020.

"Kami akan memberikan bantuan untuk tuan rumah, tetapi tidak bisa sepenuhnya. Untuk besarannya belum bisa disampaikan karena masih dihitung," ujar Akhmad Hadian kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Menurut pria berusia 55 tahun itu, LIB memutuskan untuk memberikan subsidi setelah ada permintaan dari beberapa klub dalam rapat virtual LIB dengan tim-tim peserta Liga 2 2020 pada hari ini, Selasa (11/8).

Baca juga: LIB rapat virtual dengan klub bahas Liga 2

Berikutnya, LIB pun akan kembali mengirimkan surat kepada semua klub kontestan Liga 2 untuk memastikan siapa yang benar-benar berniat menjadi tuan rumah babak penyisihan grup Liga 2.

Pada Liga 2 musim 2020 yang berformat turnamen, di babak penyisihan, ke-24 klub peserta Liga 2 Indonesia musim 2020 dibagi ke dalam empat grup, di mana setiap grup diisi enam tim.

Pertandingan di masing-masing grup itu akan berlangsung di stadion kandang salah satu tim anggota grup tersebut.

Namun, untuk menjadi tuan rumah tidak mudah karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti menanggung pembiayaan untuk transportasi dan penyelenggaraan pertandingan sesuai protokol kesehatan.

Baca juga: Juara Liga 2 musim 2020 total dapatkan Rp1,5 miliar

"Ada konsekuensi sebagai tuan rumah terutama soal biaya. Kami akan kembali mengirimkan surat untuk memastikan siapa yang berminat jadi tuan rumah. Kalau pada akhirnya peminatnya lebih dari empat tim, kami akan mengundinya," tutur Akhmad Hadian.

LIB mengadakan rapat virtual dengan klub-klub Liga 2 musim 2020 pada Selasa (11/8) untuk membahas surat bernomor 261/LIB-KOM/VIII/2020 yang dikirimkan LIB kepada seluruh tim peserta.

Surat bernomor 261/LIB-KOM/VIII/2020 bertanggal 6 Agustus 2020 itu berisi informasi tentang jadwal Liga 2 2020, sistem kompetisi, besaran subsidi, hadiah dan formulir pengajuan tuan rumah pertandingan grup.

Liga 2 Indonesia musim 2020 dipastikan berlangsung pada 17 Oktober-5 Desember 2020.

Setelah melalui babak penyisihan grup, delapan klub terbaik akan masuk ke babak perempat final. Di sini, tim-tim ditempatkan ke dalam dua grup.

Nantinya, pertandingan semifinal dan final dilaksanakan dengan pertandingan tunggal (single match).

Baca juga: LIB buka kemungkinan undi tuan rumah grup Liga 2 2020

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar