Manchester, Inggris (ANTARA News/Reuters) - Juara renang Olimpiade Michael Phelps menyampaikan rasa simpatinya terhadap situasi yang menimpa pegolf Amerika Tiger Woods dan mengatakan ia amat paham dengan keadaan yang menyebabkan pegolf itu khilaf.

Woods, pegolf nomor satu dunia, menyatakan beristirahat dari semua perlombaan golf sampai waktu, setelah mengaku kurang setia kepada istrinya.

Phelps, yang berbicara menjelang pertemuan dua hari tim AS dan Eropa memeriahkan Natal, mengatakan, "Dia (Woods) mengalami masa sulit sekarang ini."

"Ia mengalami masalah yang tidak mudah dipecahkan, tetapi saya berharap ia melakukan yang terbaik bagi didinya dan keluarganya," kata perenang itu dalam temu pers di gedung renang Manchester Aquatics Centre.

Pemain golf yang berusia 24 tahun yang menyabet delapan medali emas di Olimpiade Beijing tahun lalu itu, meminta maaf awal tahun ini ketika tersiar gambarnya sedang mengisap pipa yang digunakan untuk mengisap mariyuana. Ia tidak mendapat sanksi atau hukuman.

"Saya yang pertama mengakui bahwa saya sudah melakukan kesalahan baik di kolam renang atau pun di luar kolam renang," katanya.

"Tetapi saya tidak pernah melakukan kesalahan sama untuk kedua kali. Saya merasa menjadi orang yang lebih tangguh dan saya menolong orang lain agar jangan melakukan kesalahan seperti yang saya perbuat," katanya.

Phelps, yang akan berlomba untuk pertama kali di kolam renang Inggris, menyatakan ia akan ikut dalam Olimpiade London 2010 tetapi belum mengutarakan bagaimana rencananya selanjutnya.

"Harapan saya di London nanti amat besar dan itu akan menjadi tantangan bagi saya," katanya.

"Saya kira perlombaan nanti akan menakjubkan dan saya ingin mencapainya. Saya melihat lagi ke belakang ketika saya mengingini sesuatu dan saya sanggup melakukannya. Saya akan melakukan hal itu lagi," katanya. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009