Yogyakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir menghadiri deklarasi Dradjad Wibowo sebagai calon ketua umum partai tersebut periode 2010-2015, di Monumen Jogja Kembali (Monjali) Yogyakarta, Jumat.

"Kehadiran saya bukan berarti mendukung Dradjad Wibowo. Saya tidak mendukung salah satu kandidat yang maju dalam bursa pemilihan ketua umum DPP PAN periode 2010-2015," kata Soetrisno Bachir.

Ia mengatakan kedatangannya itu sebagai ketua umum DPP PAN yang diundang Dradjad Wibowo untuk memberikan semacam tausiyah kepada kader partai.

"Jika nanti ada kandidat lain yang mengundang saya untuk hadir dalam deklarasi pencalonannya, Insya Allah saya akan datang. Kedatangan saya untuk menunaikan tugas sebagai ketua umum partai," katanya.

Menurut dia, jabatannya sebagai ketua umum partai akan berakhir. Oleh karena itu, dirinya harus dapat mengakhirinya dengan baik, di antaranya datang dalam deklarasi pencalonan ketua umum partai dan bertemu kader partai.

"Saya berharap pengganti saya nanti dapat membawa partai ke arah yang lebih baik. Saya juga berharap dia bisa melucu seperti saya, sehingga ketika memimpin rapat atau temu kader suasananya tidak tegang," katanya yang disambut tawa hadirin.

Deklarasi pencalonan Dradjad Wibowo juga dihadiri adik dan putra Ketua MPP PAN Amien Rais. Adik kandung Amien Rais yang hadir adalah Aisyah Rais dan Rozak Rais, sedangkan putra Amien Rais yang datang Hanafi Rais.

Hanafi Rais yang diisukan akan mendampingi Dradjad sebagai Sekjen DPP PAN periode 2010-2015 mengatakan kader PAN yang hadir untuk tidak bingung terhadap sikap Amien Rais, karena sudah dapat ditafsirkan arah dukungan pendiri PAN itu dengan kehadiran keluarganya pada deklarasi pencalonan Dradjad Wibowo sebagai ketua umum partai.

"Di sini ada Aisyah Rais adik Amien Rais yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Sleman, juga hadir adiknya yang lain Rozak Rais yang menjadi Ketua DPW PAN Jawa Tengah. Saya sendiri sebagai putra Amien Rais juga ada di sini, sehingga hadirin sudah bisa menafsirkan ke mana dukungan Amien Rais," katanya.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009