Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menunda jadwal babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Asia yang tadinya Oktober-November, menjadi 2021.

Laman AFC, Rabu, menyebutkan penundaan terpaksa dilakukan mengingat penularan COVID-19 di wilayah Asia masih masif.

"Mengingat situasi COVID-19 saat ini di banyak negara, FIFA dan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 dan Piala Asia 2023, yang semula dijadwalkan berlangsung selama jendela pertandingan internasional Oktober dan November 2020, dijadwal ulang pada 2021," tulis AFC dalam keterangannya.

FIFA dan AFC sepakat penundaan ini diambil untuk melindungi dan memberikan jaminan kesehatan kepada negara peserta. Namun AFC belum bisa memastikan kapan babak kualifikasi kembali dijadwalkan.

"Dengan tujuan melindungi kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau situasi di wilayah tersebut dan untuk mengkaji tanggal baru untuk masing-masing pertandingan kualifikasi," kata AFC.

"Rincian lebih lanjut mengenai tanggal baru untuk putaran berikutnya pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan kemudian," tulisnya.

Timnas Indonesia yang masuk Grup G bersama Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Uni Emirat Arab, masih menyisakan tiga pertandingan yang awalnya bakal dimainkan pada 8 Oktober dan laga terakhir 12 November.

Peluang Indonesia lolos ke babak berikutnya sudah tertutup dengan menempati posisi juru kunci dan belum meraih satu poin dari lima laga yang telah dijalani.

Spasojevic dan kawan-kawan hanya sebagai tim penghibur dengan memasukan tiga gol dan kemasukan 16 gol.

Baca juga: PSSI siapkan timnas hadapi tiga laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia
Baca juga: AFC umumkan usulan jadwal baru kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020