Bogor (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Taufik Kiemas mengujungi para tahanan APBD "gate" Bogor di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Paledang Bogor, Sabtu.

Kunjungan suami ketua umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri tersebut dalam rangka silaturahmi kepada kader PDIP yang ditahan atas kasus dugaan korupsi APBD "gate" 2002.

Kepala Seksi Binakdik LP Paledang Risman Somantri, Amd, Ip, SH menyebutkan Taufik Kiemas datang ditemani kader PDIP dan kunjungan berlangsung dari pukul 14.10 WIB hingga pukul 15.20 WIB.

"Maksud kedatangan beliau hanya bersilaturami dan memberikan dukungan moril kepada para tahanan khususnya kader PDIP yang saat ini ditahan di LP Paledang," ucapnya kepada ANTARA Newsa, di Bogor, Sabtu siang.

Menurut Risman, dalam kunjungan tersebut Taufik Kiemas hanya berbincang-bincang dengan para tahanan APBD "gate" dan memberikan support kepada meraka agar sabar menghadapi cobaan.

"Mereka hanya berbicang-bincang layaknya rekan kerja, dan diakhir pak Taufik berpesan agar tetap sabar menghadapi ujian," ungkapnya.

Para tahanan APBD "gate" telah menempati ruangan P1 untuk tahanan laki-laki ditempatkan satu ruangan sebanyak 18 orang.

"Yang laki-laki satu ruangan di P1 sebanyak 18 orang, sisanya 2 orang wanita di kamar khusus wanita," terang Risman.

Pemindahan kamar tahanan ini atas perintah dari Kejari, sebelumnya para tahanan menempati ruangan Mapenaling (ruang untuk pengenalan lingkungan), mereka sudah menempati ruangan ini selama dua hari.

Mantan anggota DPRD Kota Bogor periode 1999-2004 yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi APBD "gate" yang merugikan negara Rp6,8 miliar dari partai PDI yang menghuni LP Paledang adalah Jhon Lahay, Rafli Mukti, Jefry Ricardo, Lismo Handoko, Margajaya Sampurna, Supardi, Toga Hutabarat, Hotman Damanik.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009