Semarang (ANTARA News) - PT Kereta Api (KA) memberikan kemudahan pembelian tiket melalui telepon untuk memesan terlebih dahulu, calon penumpang tidak harus mengantre panjang lagi.

Kepala Humas PT KA Daop IV Semarang, Warsono, di Semarang, Sabtu, mengatakan bahwa masyarakat saat ini cukup menelepon dengan tarif premium ke nomor 13897 atau 021-23507000 atau bebas pulsa di 121.

"Jika sebelumnya harus mengantre, kemudian lesehan di stasiun, sekarang bisa dihindari cukup dengan menelepon untuk pemesanan tiket," katanya.

Penelepon memberikan informasi soal nama, alamat dan nomor telepon, nama kereta api yang ingin dipesan, asal dan tujuan pemberangkatan, dan waktu yang diinginkan.

Pembelian tiket melalui telepon tersebut, merupakan pengembangan dari pemesanan tiket secara langsung di loket stasiun, kantor pos, dan melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Dengan kemudahan ini, lanjut Warsono, diharapkan dapat membantu calon penumpang yang tidak memiliki waktu banyak untuk datang ke stasiun dalam waktu cepat. Oleh karena itu, mereka mendapat pelayanan pembelian tiket dengan pemesanan melalui telepon.

"Ada batasan waktunya. Bagi mereka yang telah memesan, jika sampai tiga jam setelah pemesanan melalui telepon tidak ada tindaklanjut, maka secara otomatis pembelian tiket dianggap tidak jadi," katanya.

Warsono menambahkan, saat ini sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan jasa pembelian tiket melalui telepon.

"Mereka yang berwisata di Ambarawa misalnya, mereka memilih untuk membeli tiket dengan melalui telepon," katanya.

Menyambut libur panjang, pihak KA telah mempersiapkan diri dengan menambah rangkaian kereta, misalnya awal rangkaian tujuh kereta menjadi 10 kereta.

Untuk kereta ke arah Bandung dan Surabaya yakni Harina dan Rajawali dari sebelumnya satu rangkaian empat kereta akan ditambah menjadi lima kereta.

Sementara Kereta Argo Muria dan Argo Sindoro yang sebelumnya satu rangkaian tujuh dan delapan kereta menjadi 10 hingga 11 kereta.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009