Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri memberikan fasilitas kredit investasi senilai Rp600 miliar kepada PT Suryabumi Agrolanggeng, untuk pengembangan kebun kelapa sawit dan pabrik pengolahannya di Muara Enim, Sumatera Selatan.

"Pengucuran kredit investasi ini merupakan awal kerja sama Bank Mandiri dengan anak usaha Gozco Plantation Group itu," Direktur Korporasi Bank Mandiri Riswinandi dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Rabu.

Ia mengatakan, penyaluran kredit terbagi menjadi kredit investasi tranche A sebesar Rp212 miliar dengan jangka waktu 4 (empat) tahun dan tranche B senilai Rp388 miliar dengan jangka waktu 7 (tujuh) tahun.

Direktur Utama Suryabumi Agrolanggeng, Kreisna Gozali, mengatakan fasilitas kredit investasi dari Bank Mandiri tersebut akan digunakan untuk ekspansi usaha di bidang perkebunan kelapa sawit, terutama untuk pembiayaan aset kebun kelapa sawit berikut bangunan pabrik Kelapa Sawit yang terletak di kecamatan Gunung Megang dan Talang Ubi, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Sementara itu, perusahaan induk PT Suyabumi Agrolanggeng, Gozco Plantation Group, merupakan group usaha yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

Saat ini, Gozco memiliki areal konsesi di Sumatera Selatan seluas 31.309,82 hektare, Sumatera Barat (41.800 hektare), Kalimantan Tengah (19.734 hektare), dan Kalimantan Barat (33.350 hektare).

Luas lahan perkebunan perusahaan itu secara keseluruhan lebih dari 126 ribu hektare dengan areal tertanam sekitar 27.000 hektare dan memiliki 12 perusahaan perkebunan.

Sedangkan komitmen kredit Bank Mandiri ke sektor perkebunan seperti kelapa sawit, karet, tebu, kakao, kopi, teh, dan industri turunannya sampai dengan November 2009 sebesar Rp38,4 triliun, naik dari pencapaian pada 2008 yang tercatat Rp37,2 triliun.

Sementara itu, kredit yang telah direalisasikan ke industri kelapa sawit on farm atau perkebunan kelapa sawit yang memproduksi tandan buah segar sampai dengan CPO sebesar Rp14,3 Triliun.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009