London (ANTARA News/Reuters) - Harapan penyerang Belanda yang cedera Robin van Persie untuk pulih dan bermain di Piala Dunia menipis ketika Arsenal mengatakan ia mungkin akan absen hingga Mei.

"Jika Anda sangat positif, Anda akan mengatakan [ia akan kembali pada] April," kata manajer Arsene Wenger dalam laman klub Liga Premier itu (www.arsenal.com), Selasa.

"Jika Anda agak sedikit berhati-hati Anda katakan Mei. Itu pada hakikatnya sepanjang sisa musim."

Belanda mengawali laga Piala Dunia di Afrika Selatan dengan pertemuan dalam Grup E melawan Denmark pada 14 Juni.

Van Persie (26), menjalani operasi pada pergelangan kaki kanannya setelah cedera dalam pertandingan persahabatan internasional melawan Italia bulan lalu dan perkiraan awalnya adalah itu akan membuatnya absen selama empat hingga lima bulan.

"Ketika Anda menjalani operasi sebesar itu ada satu hal yang penting -- pendapat ahli bedah. Akankan ia menjadi pemain seperti dia sebelumnya? Kami mendapat jawaban jelas, ya," kata Wenger.

"Hal kedua yang sangat penting adalah tahap pertama setelah operasi, apakah ia punya infeksi atau tidak? Dia tidak.

"Hal yang ketiga adalah sabar. Saat ini ia tidak bisa melakukan apapun, ia hanya duduk di rumah menanti hingga ia bisa bekerja lagi. Dua langkah pertama sudah berhasil," tambah Wenger.

Arsenal sedang meminta kompensasi dari Federasi Sepak Bola Belanda karena mereka yakin KNVB sebelumnya salah mendiagnosa cedera tersebut. Akan tetapi, KNVB membantah adanya kesalahan.

Van Persie sedang berada dalam bentuk terbaiknya sebelum cedera, mencetak delapan gol dalam 11 pertandingan bagi Arsenal.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009