Makassar (ANTARA News) - Produk telepon genggam Nokia dan Blackberry bersaing menguasai pasar telepon genggam pada 2009, kata Senior Sales Oke Shop, agen penjualan resmi produk Nokia dan Blackberry, Abu Aziz di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, Nokia seri E71 dan E63 rata-rata per hari terjual hingga lima unit sejak diluncurkan Maret, 2009.

Seri E71 dijual dengan harga Rp3 juta dan E63 Rp2.1 juta ini memiliki kemampuan mengirim surat elektronik yang baik (email), akses jaringan internet tanpa kabel (wifi) dan tombol ketik yang mudah digunakan (qwerty pad).

Telepon keluaran Nokia di kelas menengah seri 5130 Express Music seharga Rp1.1 juta juga tercatat memiliki pasar cukup tinggi dengan penjualan sebanyak 10 unit per hari dengan keunggulan fitur musik.

Sedangkan pesaing terdekat Nokia, Blackberry didominasi dengan penjualan seri Bold seharga Rp5.7 juta diikuti dengan seri gemini Rp3.1 juta dan seri javelin, Rp4.6 juta.

"Penjualannya rata-rata lima unit per hari," ujarnya yang mengatakan, Blackberry banyak dicari karena memiliki kelebihan fitur "messenger" yaitu pengiriman pesan antar pengguna.

Menurutnya, kedua produk ini mendominasi pencapaian target penjualan setiap yang mencapai Rp1,2 miliar di Oke Shop cabang Panakukang.

"Setiap bulannya omzet mencapai Rp800 juta hingga Rp1 miliar. Pencapaian ini belum termasuk penjualan di 29 cabang lainnya di Makassar," jelasnya.

Ia menambahkan, pembelian yang dilakukan warga kebanyakan masih menggunakan kartu kredit dibandingkan tunai. Pasar, katanya, masih sangat tergantung juga dengan paket promo seperti angsuran dengan bunga nol persen.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009