Bogor (ANTARA News) - Daniel (68) salah satu tenaga pengajar (Dosen) di Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi korban aksi perampokan dengan modus ban mobil kempes, Rabu siang.

Aksi perampokan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, yakni saat Daniel tengah dalam perjalanan pulang dengan menuju rumahnya di Jalan Kedungwaringan nomor 03, Tanah Sarial, Kota Bogor.

Sebelum kembali ke rumah dirinya mengambil uang di Bank BCA Cabang Soleh Iskandar, Tanahsareal, Kota Bogor.

Setelah itu Daniel yang tengah mengendarai mobil Mitsubishi Lotus warna biru bernomor polisi F 1860 A di jalan Raya Cifor, Desa Situgede RT 02/02 Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Secara tiba-tiba dua orang pria yang mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter, memepet mobil Daniel sambil memberitahukan kalau ban mobil belakang sebelah kiri milik Daniel kempes.

Awalnya Daniel mengacuhkan peringatan dari dua pria tak dikenal tersebut, tapi setelah tiga kali di diberi tahun. Akhirnya Daniel menghentikan mobilnya untuk memeriksanya.

Saat dirinya mengecek kondisi ban mobil yang disebutkan, secara tiba-tiba salah seorang pria tersebut menghampiri mobilnya dan langsung membawa kabur tas berisi laptop merk Toshiba dan uang tunai sebesar Rp20 juta yang terletak di jok depan mobilnya.

Melihat aksi pelaku pencurian, Daniel berusaha mengejar pelaku, bahka sempat terjadi perlawan tarik menarik tas tersebut antar Daniel dan pelaku pencurian.

Karena seorang diri, tak mampu menahan aksi dua kawanan perampok, Daniel terjatuh dan akhinya para pencuri berhasil membawa kabur hasil curian dengan sepeda motornya.

Bukan hanya rugi secara materi, Daniel pun harus menjalani perawatan di rumah sakit lanaran mengalami luka di bagian kakinya akibat terjatuh saat berusaha menghentikan pelaku pencurian.

Mendapati kejadian, Daniel langsung melaporkan kejadi ke Polreta Bogor siang itu juga.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara, Kepala SPK Polres Kota Bogor, AIPTU M. Pasaribu mengatakan, Daniel diduga telah diikuti oleh pelaku pencurian.

Mengikuti pelaku dari awal memang menjadi cara kerja pencuri yang menggunakan modus ban kempes.

"Modus mengintai korban dari awal memang modus lama yang digunakan para pelaku. Sepertinya mereka bekerja secara berkelompok, ada yang menebar paku, kemudian pelaku mengambil barang-barang korbanya," jelas M Pasaribu.

Saat ini kasus pencurian terhadap dosen IPB masih terus dilakukan penyedikan Polres kota Bogor.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009