Jakarta (ANTARA) - Hong Kong adalah salah satu tujuan wisata yang menyenangkan untuk pencinta kuliner. Meski pandemi COVID-19 belum berlalu, tak ada salahnya mencatat beberapa rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi di Hong Kong di kemudian hari.

Berikut adalah sembilan tempat rekomendasi dari Hong Kong Tourism Board untuk Anda penjelajah jejak kuliner di Hong Kong.

Tim Ho Wan
Dimsum di Tim Ho Wan (HO/Hong Kong Tourism Board)


Belum lengkap rasanya jika ke Hong Kong tidak menyantap Dimsum. Sebagai santapan yang tidak mengenal waktu, Tim Ho Wan menyediakan dimsum selama 24 jam.

Mak Kwai-Pui telah mengawali restoran ini di usia 15 tahun, dan restoran ini telah berdiri selama lebih dari 40 tahun dengan cabang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Restoran ini diberi predikat Bintang Satu Michellin di Asia.

Baca juga: Ada gastronomi virtual di festival kuliner Singapura

Baca juga: Koktail botol bawa suasana pantai saat bersantai di rumah


T’Ang Court
T’Ang Court (HO/Hong Kong Tourism Board)


Inti dari cita rasa masakan Cantonese adalah tentang keseimbangan rasa. Bagi penyuka seafood, T’Ang Court merupakan pilihan yang tepat. Salah satu menu andalan di sini adalah Nasi Goreng yang disajikan dengan saus bechamel lalu dibakar dan disajikan di dalam cangkang kerang.

Shun Kee Typhoon Shelter Seafood
Ini adalah surga bagi penyuka seafood, Shaun Kee Tyhphoon Shelter Seafood ini berlokasi di atas perahu. Anda harus naik ke sebuah motor boat untuk akhirnya sampai ke sampan dari restoran ini.

Mantis Prawn merupakan salah satu menu yang harus dicoba, di mana ini adalah udang yang digoreng dengan proses deep-fried yang kemudian ditabur dengan lada putih. Juara kelasnya di sini adalah Typhoon Shelter Crab, Kepiting yang digoreng dengan bawang putih dan cabai kering dalam jumlah banyak, lalu ditaburi daun bawang.

8 1/2 Otto e Mezzo Bombana
​​​​​​
8 1/2 Otto e Mezzo Bombana (HO/Hong Kong Tourism Board)


Ketika Barat berinvasi ke Timur, restoran milik Umberto Bombana ini bisa jadi jawaban terbaik dari bagaimana cita rasa dua sisi berdampingan. Restoran ini menjadi yang pertama dan satu-satunya restoran Italia yang berhasil mendapatkan Bintang Tiga dari Michellin, di luar Italia.

Octavium
Octavium (HO/Hong Kong Tourism Board)


Bukan hanya satu, namun Chef Umberto Bombana memiliki dua restoran Italia di Hong Kong. Octavium, dalam 17 bulan setelah dibuka, berhasil mendapatkan Bintang Satu Michellin di Asia. Brittany Turbot, salah satu hidangan khas di sini, merupakan perpaduan unik antara Terong dan Ikan Caper yang dimasak dengan teknik sederhana khas Italia.

Yat Lok Goose
​​​​​
Yat Lok Goose (HO/Hong Kong Tourism Board)


Salah satu ciri khas kuliner Hong Kong adalah restoran dengan sejarah panjang dan merupakan bagian dari perjalanan hidup sebuah keluarga.

Resto penyandang gelar Bintang Satu Michellin ini merupakan bagian besar dari cerita hidup Chu Kin-wah, yang didirikan oleh sang ayah tahun 1957. Meski juga menyajikan seafood, namun yang menjadi juara di restoran ini adalah Angsa Panggang.

Saat digigit, dagingnya empuk dan sangat juicy. Kulitnya renyah dan tidak berlemak di bawahnya. Saking lembutnya, Anda tidak butuh sendok dan garpu saat memakannya.

Happy Paradise
Happy Paradise (HO/Hong Kong Tourism Board)


Ingin menikmati masakan dari Chef Perempuan Terbaik di Asia tahun 2017? Inilah tempatnya. May Chow, yang berhasil menyabet gelar The best female chef in Asia 2017, menggabungkan konsep tradisional masakan Oriental dengan sentuhan modern khas 70-an. Egg Waffles yang berisi rempah dan daging ayam lalu dicelup ke saus Bottarga khas Taiwan menjadikannya satu hidangan yang akan membuat lidah Anda menari.


Selain tujuh tempat tadi, ada dua lagi yang berhasil menyabet penghargaan Michelin Recommended Shop, yang terletak di Sham Sui Po, yakni Kung Wo – yang terkenal dengan kembang tahunya dan  Kwan Kee yang terkenal dengan penganan manisnya.

Baca juga: Ibu Bams eks Samson rintis bisnis makanan penutup

Baca juga: Ide olah stroberi, "Chocolate Chip Cookie Dough Yogurt"

Baca juga: Belajar masak makanan Korea otentik bersama Chef Jun

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020