Jakarta (ANTARA News) - Banyaknya pengunjung di pusat belanja Mall Ambasador dan ITC Kuningan menjelang Natal 2009 membuat arus lalu lintas di sepanjang Jalan DR Satrio Jakarta Selatan, Kamis, macet.

Petugas keamanan ITC Kuningan, yang tidak menyebutkan namanya kepada ANTARA, mengatakan kemacetan mulai terjadi sejak pukul 13.00 WIB.

"Pada pukul 10.00 WIB pertokoan baru dibuka pengunjung masih sepi karena hari libur. Tapi sejak pukul 13.00 WIB pengunjung mulai bertambah sehingga jalan macet," katanya.

Dari arah Tanah Abang Jakarta Pusat, kemacetan mulai tersendat sejak dari "flyover" Karet, sedangkan dari arah Kampung Melayu Jakarta Timur kemacetan terjadi sejak daerah Tebet.

Padatnya arus lalu lintas yang menuju arah pusat perbelanjaan tersebut membuat petugas kepolisian menutup putaran sebelum ITC Kuningan dan dipindahkan ke putaran dekat Hotel Sahid.

Kemacetan ini terjadi karena antrian mobil yang masuk ke pusat pertokoan tersendat akibat lahan parkirnya yang sudah penuh, sehingga harus bergantian jika ada kendaraan yang keluar.

Penuhnya parkir ini membuat beberapa mobil parkir di pinggir jalan hingga mencapai Hotel Manhattan. Kemacetan ini juga disebabkan oleh angkutan umum yang menurunkan dan menaikkan penumpang di depan kedua pusat pertokoan yang terletak di "Segitiga Emas" Mega Kuningan tersebut.

Para pengunjung sebagian besar memenuhi berbagai sudut pertokoan di kedua pusat perbelanjaan tersebut. Pada saat libur kantor para pengunjung ITC Kuningan dan Mall Ambasador ini dipenuhi oleh para pengunjung yang sebagian besar mengajak keluarganya.

Pusat belanja keluarga, Carrefour yang berada di lantai dasar ITC Kuningan ini, juga penuh dengan pengunjung, hal ini terlihat dari antrian di setiap kasir, walaupun 39 kasir dibuka semuanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009