Jakarta (ANTARA News) - Umat Kristiani yang berjumlah ratusan orang memadati misa Natal di Gereja Katedral Jakarta Pusat, Kamis, namun para jemaaah terus berdatangan sebelum acara misa dimulai sehingga mengakibatkan jalan menuju Gereja katedral dan sekitarnya tersendat.

Meski begitu, aparat kepolisian yang disiagakan di sekitar gereja Katedral mampu mengamankan dan melancarkan jalannnya misa Natal di Gereja Katedral tersebut.

Misa Natal di Gereja Katedral dimulai Kamis pukul 17.00 WIB yang langsung dipimpin Pastor paroki Katedral Jakarta, Romo ST Bratakartana SJ, kemudian dilanjutkan misa Natal pukul 19.30 WIB dipimpin Romo Roy Djakarya dan diakhiri pukul 22.00 WIB yang rencananya dipimpin Romo Suherman.

Dari pantauan Antara, terlihat Gubernur DKI Fauzi Bowo dan rombongan mengunjungi misa Natal pukul 19.30 WIB di gereja terbesar di Jakarta tersebut .

Para jemaat menyambut kedatangan Foke (sapaan akrab Fauzi Bowo) dan Gubernur DKI pun memberikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani yang ada di DKI Jakarta.

Meski pengamanan misa Natal di gereja Katedral sangat ketat, hal itu tak menghalangi dan mengurangi kekhidmatan acara misa tersebut.

Menurut Humas Gereja Katedral, Grace Tanus, untuk pengamanan misa Natal di Gereja Katedral, pihak kepolisian mengerahkan personilnya sebanyak 275 anggota yang berasal dari Polda, polres dan polsek. Selain itu pihak gereja juga mengerahkan pihak keamanan internal.

Sebelumnya, pihak Gegana Mabes Polri telah melakukan pemeriksaan secara teliti atau penyisiran di Gereja Katedral dari kemungkinan terjadinya gangguan keamanan. Penyisiran sendiri dimulai sejak pukul 14.00 dan selesai pukul 15.00 atau sebelum acara misa natal dimulai.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009