7 sumur tua di Bekasi ditetapkan jadi cagar budaya dan objek wisata

7 sumur tua di Bekasi ditetapkan jadi cagar budaya dan objek wisata

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono bersama Kadisparbud dan aparatur desa setempat meninjau lokasi sumur yang ditetapkan sebagai cagar budaya milik Kota Bekasi. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah.

Kami terus mendorong pengembangan destinasi wisata budaya dalam menjaga tapak tilas leluhur dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kota Bekasi
Bekasi (ANTARA) - Tujuh sumur tua di Kota Bekasi, Jawa Barat, ditetapkan sebagai situs cagar budaya sekaligus destinasi wisata oleh pemerintah daerah setempat.

"Ini upaya kami untuk melestarikan cagar budaya, khususnya yang ada di Kota Bekasi," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono di Bekasi, Sabtu.

Ketujuh sumur tua itu berlokasi di Kecamatan Jatisampurna yakni Sumur Bandung, Sumur Batu, Sumur Binong, Sumur Ciburial, Sumur Hulu Cai, Sumur Sela Miring, serta Sumur Tengah.

Baca juga: Diyakini peninggalan wali, Pemkab Bekasi diminta peduli Saung Ranggon

Tri mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berkomitmen melestarikan peninggalan budaya dengan merawat dan menjaga kebersihan situs budaya tersebut agar dapat dipromosikan sebagai salah satu destinasi budaya bagi para wisatawan.

"Kami terus mendorong pengembangan destinasi wisata budaya dalam menjaga tapak tilas leluhur dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kota Bekasi," ungkapnya.

Menurut dia, jika dikelola secara optimal peninggalan warisan budaya berwujud sumur tua ini akan mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun asing.

"Tentunya akan menambah pendapatan daerah sekaligus menggerakkan roda perekonomian warga setempat," ucapnya.

Baca juga: Pendapatan Kota Bekasi meningkat setelah sektor pariwisata dibuka

Tri juga mengajak masyarakat khususnya yang ada di wilayah sekitar lokasi itu untuk dapat bersinergi dalam melestarikan cagar budaya tersebut.

Situs tujuh sumur tua di wilayah Kranggan Kecamatan Jatisampurna ini memiliki nilai sejarah tersendiri. Ada nilai budaya yang perlu dilestarikan serta memerlukan perhatian dari pemerintah daerah dan warga setempat.

"Pelestarian situs bersejarah perlu melibatkan kelompok masyarakat atau komunitas pecinta budaya dan para generasi muda yang dapat diaplikasikan dalam bentuk destinasi wisata budaya dan wisata religi pada situs-situs bersejarah," kata dia.

Penetapan tujuh sumur tua sebagai situs cagar budaya dilakukan secara simbolis oleh Pemkot Bekasi dengan penancapan papan nama situs tujuh sumur tua sebagai tanda cagar budaya milik Kota Bekasi.

Baca juga: Bekasi ingin menjadi Kota Sejuta Event

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Belum ada museum Pemda Gumas titipkan benda sejarah di Disbudpar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar