Gresik (ANTARANews) - Dewan Pimpinan Pusat Partai (DPP) Demokrat menyatakan pihaknya akan mengutamakan kader-kadernya yang mempunyai kredibilitas dan paling berpotensi untuk diusung dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2010 mendatang.

"Partai Demokrat tetap akan mengutamakan kader di internal partainya dan yang paling memiliki potensi menang dalam pemilu kepala daerah," kata Ketua DPR RI, Marzuki Alie yang juga mantan Sekjen DPP Partai Demokrat, Jumat.

Kendati demikian, kata politisi asal Palembang ini semua pencalonan para kader demokrat dalam pemilu kepala daerah tetap melalui mekanisme pendaftaran.

Dirinya juga mengatakan bakal mempertimbangkan kader demokrat yang menunjukkan polling tertinggi dan disukai masyarakat.

Ia lebih lanjut mengutarakan Partai Demokrat juga membuka peluang berkoalisi, bahkan kalaupun ada kader di luar demokrat pihaknya akan mendukung, yang diharapkan bisa berpasangan dengan kader Demokrat, utamanya dari kalangan Incumbent.

Pernyataan yang sama juga dikemukakan anggota Komisi VIII DPR RI asalah Partai Demokrat, Mahkrus Munir yang mendukung kader di internal Demokrat yang akan maju dalam pemilu kepala daerah.

Ia mencontohkan seperti di Dapil X Gresik Lamongan baru tercatat satu calon Bupati Lamongan yang berangkat dari Demokrat yakni Tsalis Fahami yang kini menjabat Wakil Bupati Lamongan.

"Kami mendukung Tsalis Fahami. Di samping sudah tidak diragukan lagi kemampunya, dia juga kader NU," katanya.

Sementara di Kabupaten Gresik hingga kini DPC Partai Demokrat belum menentukan calon yang akan diusung.

Menurut Ketua DPC PD Gresik, Samwil saat ini pihaknya sedang mengadakan penjaringan untuk menentukan siapa kandidat yang bakal diusung dalam Pilbup nanti dengan menggandeng lembaga survei yang akan melakukan penelitian.

Selain survei dalam penjaringan calon, pihaknya melibatkan tim sembilan (tim pemenangan pilkada) yang anggotanya terdiri perwakilan DPP PD, DPD PD Jatim, serta DPC PD Gresik.

"Dari hasil penjaringan itu akan diusulkan nama-nama yang bakal direkomendasikan maju dalam pilbup," katanya.

Sejauh ini baru tiga nama yang dinominasikan masuk dalam penjaringan cabup yakni Husnul Khuluq (Sekkab Gresik), Sastro Suwito (Wabup Gresik), serta Mohammad Nashihan. Selain itu, nama Samwil juga masuk dalam bursa penjaringan Cabup Demokrat.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009