Liga Europa

Sevilla bangkit dari ketinggalan untuk buka jalan ke final

Sevilla bangkit dari ketinggalan untuk buka jalan ke final

Penyerang Sevilla Luuk De Jong merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Manchester United dalam pertandingan semifinal Liga Europa yang dimainkan di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman, Minggu (16/8/2020). (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Sevilla bangkit dari ketinggalan untuk membuka jalan ke final Liga Europa berkat kemenangan 2-1 atas Manchester United, dalam pertandingan semifinal Liga Europa yang dimainkan tanpa penonton di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

United unggul terlebih dahulu melalui penalti Bruno Fernandes (9'), namun Suso (26') berhasil menyamakan kedudukan sebelum pemain pengganti Luuk de Jong (78') membukukan gol penentu kemenangan, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sevilla akan menunggu pemenang pertandingan antara Inter Milan melawan Shahktar Donetsk pada final yang berlangsung Jumat (21/8) mendatang.

Baca juga: Solskjaer berharap MU bisa tembus final pertama mereka musim ini
Baca juga: Gol semata wayang Ocampos loloskan Sevilla ke semifinal Liga Europa


United berusaha mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Peluang berbahaya sempat mereka miliki melalui kerja sama Marcus Rashford dan Mason Greenwood, namun hal itu gagal menjadi gol.

Serangan berbahaya lain dilancarkan United saat Anthony Martial mengirim bola kepada Rashford, bola tembakan Rashford dapat ditahan kiper Yassine Bounou.

Namun setelah Rashford melepaskan tembakan tersebut, ia dijatuhkan Diego Carlos untuk membuat wasit Felix Brych menunjuk titik putih. Bruno Fernandes dengan eksekusi penalti sambil melompatnya sukses menaklukkan Bounou, yang sebenarnya telah bergerak ke arah yang tepat.

Sevilla sebenarnya menguasai bola lebih banyak dari para United, namun Setan Merah dapat tampil lebih efektif. Satu peluang bagus lain dari United didapat dari sepakan Fred yang melebar.

Baca juga: Shakhtar Donetsk mulus lewati Basel, tantang Inter di semi final

Tim Spanyol itu kemudian menyamakan kedudukan melalui Suso. Diawali pergerakan Sergio Reguilon yang menusuk dari sisi kanan United, bola kemudian disodorkan kepada Suso yang mengonversinya menjadi gol dengan sepakan kaki kiri.

Setelah kemasukan, United berusaha keras merestorasi keunggulan. Tiga peluang bagus didapat sebelum turun minum, namun baik tembakan Martial, tendangan bebas Rashford, dan sepakan voli Bruno Fernandes semua berakhir dengan melambung atau dapat dipatahkan kiper Bounou.

Setan Merah memulai babak kedua dengan pola serupa dengan babak pertama. Mereka menggempur habis pertahanan Sevilla untuk menghasilkan tiga peluang. Tetapi dari ketiganya, bola selalu mampu dipatahkan pertahanan Sevilla atau ditahan kiper Bounou.

Baca juga: Pelatih Shakhtar Donetsk tak sabar tantang Inter Milan

Di sisi lain Sevilla cukup sabar dan telaten dalam menyusun serangan. Namun mereka kesulitan mengirimkan umpan matang pada wilayah sepertiga pertahanan United.

Kesabaran Sevilla membuahkan hasil pada menit ke-78. Kali ini dua bek tengah United lengah mengawasi pergerakan De Jong, yang dengan leluasa meneruskan bola umpan silang kiriman Jesus Navas dari sisi kanan.

Di sisa waktu yang ada United terus mencoba untuk menyamakan kedudukan. Kehadiran empat pemain pengganti yang dimasukkan pelatih Ole Gunnar Solksjaer tidak memberi dampak. Mereka tetap tidak mampu mencetak gol yang dibutuhkan meski wasit memberikan enam menit tambahan waktu sebelum meniup peluit panjang.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Sevilla (4-3-3): Yassine Bounou, Jesus Navas, Diego Carlos, Sergio Reguilon, Ever Banega, Fernando, Joan Jordan (Nemanja Gudelj 87'), Suso (Franco Vazquez 75'), Youssef En Neysri (Luuk de Jong 56'), Lucas Ocampos (Munir El Haddadi 56')
Pelatih: Julen Lopetegui

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea, Aaron Wan-Bissaka (Daniel James 87'), Victor Lindeloef, Harry Maguire, Brandon Williams (Timothy Fosu-MEnsah 87'), Fred, Paul Pogba, Mason Greenwood (Odion Ighalo 90'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford (Juan Mata 87'), Anthony Martial
Pelatih: Ole Gunnar solksjaer

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar