Bogor (ANTARA) - Warga Kota Bogor yang sedang berjalan di trotoar Jalan H Juanda, di depan Balai Kota Bogor ikut memberikan hormat kepada Bendera Merah Putih pada upacara  memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 RI, Senin.

Upacara bendera dipimpin oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan komandan upacara adalah Mayor (Pnb) Boy Nanang dari Lanud Atang Sendjaja Bogor, serta pembaca naskah proklamasi adalah Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto.

Pada saat komandan upacara meneriakkan aba-aba untuk memberikan hormat kepada bendera merah putih, warga Kota Bogor yang menyaksikan upacara juga ikut memberikan hormat dengan mengangkat tangan ke kening.

Baca juga: Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Sangihe hanya dihadiri TNI-Polri

Upacara bendera yang merupakan puncak dari kegiatan peringatan HUT ke-75 RI di Kota Bogor ini dihadiri oleh tamu undangan dan peserta upacara secara terbatas.

Tamu undangan yang hadir adalah Wakil Wali Kota Bogor, Komandan Pangkalan Udara TNI AU Atang Sendjaja Bogor, Komandan Korem 061/Suryakencana Bogor, Wakil Kepala Polresta Bogor Kota, dan Komandan Kodim 0606/Kota Bogor.

Tamu lainnya adalah Kepala Kejaksaaan Negeri Kota Bogor, Ketua Pengadilan Negeri Kota Bogor, Komandan Detasemen PM III/1-Siliwangi Kota Bogor, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, dan Sekretaris Daerah Kota Bogor.

Sedangkan tamu undangan lainnya maupun pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bogor mengikuti upacara bendera itu secara virtual melalui tayangan langsung YouTube Pemerintah Kota Bogor dari kantornya masing-masing.

Menurut Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Bogor, Rudiyana, upacara bendera tersebut akan dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku.

Baca juga: Penggemar sepeda gunung Lombok gelar upacara di atas bukit

Petugas upacara juga dirampingkan jumlahnya, dimana petugas pasukan pengibar bendera pusaka (Paskobraka) hanya tiga orang, yakni Raphael Audi Vaganian dari SMA Regina Pacis Bogor, Juandoyo Hari Sukoco dari SMA Negeri 8 Kota Bogor, dan Muhamad Alif Rosdiansyah dari SMA Negeri 6 Kota Bogor.

Setelah selesai upacara bendera, Bima Arya beserta sejumlah tamu undangan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dari Istana Negara Jakarta secara virtual dari ruang Paseban Sri Bima Balai Kota Bogor, mulai pukul 09:30 WIB.

Baca juga: Tim Polda Sumsel sukses kibarkan merah putih di Gunung Dempo

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020